KOMUNIKA SI PEL AYANAN PUBLIK DAL A M APL IKA SI GO -JEK (S TUD I DE S KR IPT IF KU ALITAT IF PA D A DRI VER GO-JE K D I B A N DUNG)

  • Handra Masake Universitas Langlang Buana
  • Eki Baihaki Universitas Langlang Buana
  • Dudi Yudhakusuma Universitas Langlang Buana
Keywords: komunikasi pelayanan publik, driver Go-Jek, aplikasi Go -Jek

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan paradigma
penelitian konstruktivisme, pendekatan penelitian studi deskriptif kualitatif. Subyek
penelitian adalah driver Go-Jek di Bandung. Informan diten tukan secara purposif
berdasarkan penggambaran komunikasi pelayanan publik. Proses pengumpulan data
diperoleh melalui observasi terlibat dan wawancara mendalam terhadap informan,
sedangkan untuk data penunjang diperoleh melalui studi dokumentasi hasil pene litian
sebelumnya, studi literatur, dan wawancara dengan pihak terkait.
Driver Go-Jek memberikan pelayanan kepada publik melalui aplikasi Go -Jek.
Banyak kemudahan yang ditawarkan dalam bentuk pelayanan aplikasi Go-Jek seperti akses
dan registrasi yang mudah dan hanya memerlukan kode verifikasi untuk memulai aplikasi
Go-Jek. Aplikasi Go -jek banyak menawarkan promo dan mempunyai daya tarik tersendiri
dalam teknik komunikasinya dalam memberikan pelayanan publik di aplikasi Go -Jek.
Dalam pelayanannya driver harus memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggannya. Dan
aplikasi Go -Jek memberikan kemudahan dalam sistem pembayaran melalui fitur Go -Pay
atau sistem uang elektronik dip roses transaksionalnya dalam memberikan pelayanan publik
di aplikasi Go -Jek

Published
2019-06-25