FUNGSI EMPLOYEE RELATIONS DALAM MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN (STUDI KASUS DI BAGIA N CUSTOMER SERVICE PT. BANK TABUNGAN NEGARA CABANG BANDUNG)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fungsi e mployee relations dalam
meningkatkan kinerja karyawan Studi Kasus di Bagian Customer Service PT. Bank
Tabungan Negara Cabang Bandung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian
kualitatif, dengan paradigma penelitian konstruktivisme, dan pendekatan penelitian studi
kasus. Subyek penelitiannya adalah customer service. Proses pengumpulan diperoleh
melalui observasi dan wawancara mendalam, sedangkan untuk data penunjang diperoleh
melalui studi dokumentasi hasil penelitian. Pembinaan employee relations sangatlah penting
agar program -program yang disampaikan kepada karyawan dapat berhasil dan tujuan
pe rusahaan tercapai. Bank BTN Cabang Bandung selalu berupaya agar customer service
officer dapat memberikan pelayanan terbaik. Hasil penelitian menunjukan bahwa employee
relations berfungsi untuk meningkatkan kinerja karyawan. Komunikasi secara tatap muka
da ri customer care unit head ke customer service dan customer care unit head yang secara
konsisten memberikan informasi, mengajarkan tentang hal baru, melakukan pendekatan
untuk perbaikan, dan menjadi contoh yang baik sangat berpengaruh terhadap kinerja
cust omer service. Komunikasi yang dilakukan di Bank BTN Cabang Bandung secara dua
arah melalui media komunikasi surat edaran dan briefing morning .