KEGIATAN PELAYANAN KESEHATAN DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PASIEN (STUDI WAWANCARA MENDALAM DI RUMAH SAKIT KHUSUS IBU DAN ANAK KOTA BANDUNG)

  • Ramdhan Pratama Universitas Langlang Buana
  • Lusy Mukhlisiana Universitas Langlang Buana
Keywords: Komunikasi pelayanan, Kesehatan, Kepuasan, Pasien

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan komunikasi pelayanan kesehatan
dalam meningkatkan kepuasan pasien. Studi wawancara mendalam di Rumah Sakit Khusus
Ibu Dan Anak Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif,
dengan paradigma penelitian konstruktivisme, dan pendekatan penelitian studi wawancara
mendalam. Subyek penelitiannya adalah orang yang pernah mendapatkan pelayanan
kesehatan yang ditentukan secara purposif berdasarkan permasalahan dari hasil pelayanan
yang telah dirasakan. Proses pengumpulan data diperoleh melalui wawancara mendalam
dan pengamatan peran serta terhadap informan, sedangkan untuk data penunjang diperoleh
melalui studi dokumentasi hasil penelitian sebelumnya, dan studi literature lainnya, serta
wawancara dengan pihak terkait.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih kurangnya keramahan dari petugas
rumah sakit kepada pasien. Petugas rumah sakit yang bersikap ramah adalah petugas yang
usianya lebih muda. Salah satu cara untuk meningkatkan kepuasan adalah dengan cara
meningkatkan komunikasi pelayanan. komunikasi tersebut dapat ditunjukan dengan
beberapa cara yaitu memberikan ungkapan berupa salam dan sapa kepada setiap pasien,
menunjukan senyum setiap berhubungan dengan pasien, bersikap ramah kepada setiap
pasien, kejelasan dalam menyampaikan informasi, mendengarkan setiap keluhan dari pasien,
ketelitian dalam memeriksa pasien, kesungguhan dalam mengobati pasien dan memberikan
motivasi untuk sehat kepada pasein.

Published
2019-06-25