AGRESIVITAS GAMER ONLINE POINT BLANK (STUDI KASUS DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 44 BANDUNG)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui agresivitas gamer online point blank. Studi
kasus di sekolah menengah pertama negeri 44 Bandung. Penelitian ini menggunakan metode
penelitian kualitatif, dengan paradigma penelitian konstruktivisme, dan pendekatan
penelitian studi kasus. Subyek penelitiannya adalah siswa smp yang ditentukan secara
purposif berdasarkan permasalahan komunikasi massa. Proses pengumpulan data diperoleh
melalui wawancara mendalam dan pengamatan peran serta terhadap informan, sedangkan
untuk data penunjang diperoleh melalui studi dokumentasi hasil penelitian sebelumnya, dan
studi literature lainnya, serta wawancara dengan pihak terkait.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi massa bermanfaat untuk siswa
berkomunikasi dengan banyak orang, maupun orang -orang sekelilingnya melalui media
massa seperti media elektronik, perilaku agresif yang sering muncul di media elektronik
seperti game online sangat berpengaruh kepada remaja untuk melakukan tindakan
kekerasan. Bentuk -bentuk agresivitas dikenal sebagai perkelahian, me nyakiti, kemarahan,
Permusuhan, dan sebagainya. Akan tetapi yang perlu diperhatikan di sini adalah bagaimana
seorang guru mampu memberikan bimbingan tentang dampak dari game online kepada anak
tersebut agar tidak merugikan dirinya sendiri dan merugikan ora ng lain.
Game Online