REALITAS KOMUNIKASI GAYA HIDUP KOMUNITAS KAUM GAY (STUDI FENOMENOLOGI EKSTERNAL PUBLIC RELATION S PADA KOMUNITAS MAHARDIKA GROGOL JAKARTA BARAT)

  • Adi Kurniadi Universitas Langlang Buana
  • R. Indriyati Kamil Universitas Langlang Buana
  • Rodhiyat Fajar Salim Universitas Langlang Buana
Keywords: komunitas gay, homoseksual, trendsetter

Abstract

Keberadaan komunitas gay mahardika Jakarta karena adanya perasaan kaum gay
khususnya di kota Jakarta yang merasa perlu untuk membentuk wadah perkumpulan
komunitas tersebut. Kaum gay berpendapat bahwa awalnya mereka mendapatkan pandangan
sebelah mata dari masyarakat tentang gaya hidup kaum gay, keberadaan kaum gay di
pandang sinis. Kaum gay merasakan minoritas, butuh perlakuan dan pengakuan dari
masyarakat tentang keberadaan mereka dan sekaligus mereka juga membutuhkan pengakuan
akan kehadiran mereka.
Dalam suatu komunitas, ciri khas menjadi suatu hal yang penting. Ciri khas tersebut
dapat menunjukkan identitas komunitas yang membedakan satu komunitas dengan
komunitas lainnya. Salah satu bentuk dari ciri khas suatu komunitas adalah gaya hidup.
Penampilan merupakan bentuk gaya hidup yang paling menonjo l dalam komunitas gay
Mahardika Jakarta. Mereka memiliki penampilan yang sangat modis dengan barang-barang
dari merek ternama. Komunitas ini sangat mengutamakan brands sebagai syarat utama
dalam berpenampilan. Hal itu dipicu oleh keinginan mereka untuk tampil menarik dan
menjadi trendsetter dikalangan gay dan masyarakat.
Komunitas gay mahardika kota Jakarta mempunyai beberapa bahasa khusus sebagai
bahasa komunitas. pengunaan bahasa tersebut tidak terlalu membuat masyarakat risih karena
pada kenyataan nya mereka malah ikut menggunakan bahasa tersebut. Maraknya
penggunaan bahasa tersebut membuat kaum gay sendiri merasa diterima dan menjadi
trendsetter dikalangan masyarakat.

Published
2019-06-24