PENGARUH INFORMASI GROUP MEDIA SOSIAL FACEBOOK TERHADAP SIKAP MAHASISWA BELAJAR BAHASA JEPANG (SURVEY EKSPLANATIF KOMUNIKASI INTERAKTIF MAHASISWA DI PUSAT STUDI BAHASA JEPANG UNIVERSITAS PADJADJARAN JATINANGOR SUMEDANG)

  • Deni Kurniawan Universitas Langlang Buana
  • Tita Melia Milyane Universitas Langlang Buana
Keywords: Informasi, Group, Media Sosial, Sikap

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Informasi Group Media Sosial
Facebook Terhadap Sikap Mahasiswa Belajar Bahasa Jepang. Survey Eksplanatif
Komunikasi Interaktif pada Mahasiswa di Group Pusat Studi Bahasa Jepang Universitas
Padjadjaran Jati nangor Sumedang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian
kuantitatif, dengan paradigma positifisme, dan pendekatan penelitian survey eksplanatif.
Responden penelitiannya adalah 565 mahasiswa, dengan rumus Slovin maka diperoleh
sampel sebanyak 84 maha siswa, yang ditentukan secara sampel Aksidental. Proses
pengumpulan data menggunakan angket, observasi, studi literature, dan studi dokumentasi.
Menggunakan uji validitas dan reliabilitas dengan rancangan analisis deskriptif, Method of
Successive Interval (MSI), Analisis jalur (Path Analysis). Pengujian hipotesis secara
silmultan (keseluruhan) dan secara parsial (individual). Berdasarkan hasil penelitian,
diperoleh kesimpulan yaitu terdapat pengaruh antara Externalisasi (X1), Objektivasi (X2)
dan Internalis asi (X3) terhadap sikap mahasiswa (Y). Externalisasi (X1) berpengaruh
signifikan terhadap Sikap mahasiswa (Y), dengan total pengaruh sebesar 6,07%. Objektivasi
(X2) berpengaruh signifikan terhadap Sikap mahasiswa (Y), dengan total pengaruh sebesar
8,07%. I nternalisasi (X3) berpengaruh signifikan terhadap Sikap mahasiswa (Y), dengan
total pengaruh sebesar 29,41%.

Published
2019-06-24