KONTRUKSI MAKNA GAME ONLINE LET’S GET RICH DALAM MENARIK MINAT PENGGUNA SMARTPHONE (STUDI SEMIOTIKA KOMUNIKASI GAME MONOPOLI PADA MEDIA LINE DI BANDUNG)

  • Reshandy Prima Rizha Universitas Langlang Buana
  • Lusy Mukhlisiana Universitas Langlang Buana
Keywords: media sosial Line, game online, monopoli, gamer, Let’s Get Rich

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Konstruksi Makna Game Online Let’s Get Rich
Dalam Menarik Minat Pengguna Smartphone pada Media Sosial Line di Bandung.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan para digma penelitian
konstruktivisme, dan pendekatan penelitian studi semiotika. Subyek penelitiannya adalah
gamer game online Line Let’s Get Rich yang ditentukan secara purposive berdasarkan
berdasarkan pertimbangan peneliti dengan tujuan tertentu.. Proses pengumpulan data
di peroleh melalui wawancara mendalam dan pengamatan peran serta terhadap informan,
sedangkan untuk data penunjang diperoleh melalui studi dokumentasi hasil penelitian
sebelumnya, dan studi literature lainnya, serta wawancara dengan pihak terkait. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa dalam game online Line Let’s Get Rich terdapat semiotika
komunikasi berupa tanda, ikon, kode dan symbol monopoli dalam mendapatkan uang untuk
menjelajah, menaklukan dan membeli kota di seluruh dunia dan di Indonesia dan membeli
plan et di sejagat antariksa. Jika di dalam sebuah kota sudah dibangun landmark, maka
pemain lain tidak akan pernah bisa merebut kota tersebut. Landmark adalah symbol budaya
dalam arsitektur sebuah kota yang sudah dibeli.

Published
2019-06-24