SOSIALISASI BUSANA HIJAB DALAM MEMBENTUK CITRA DIRI (STUDI FENOMENO LOGI HIJABERS COMMUNITY BANDUNG)
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai gaya hidup wanita yang tergabung dalam komunitas
Hijabers Bandung sebagai icon fashion muslim. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk
memahami dan menganalisis bagaimana gaya hidup wanita muslimah yang tergabung di
dalam Hijabers Bandung dan untuk memahami bagaimana wanita yang tergabung dalam
komunitas ini memaknai apa yang mereka lakukan dalam komunitas hijabers. Berpakaian
menurut Islam tidak hanya sebagai kebutuhan dasar yang harus di penuhi setiap orang, tetapi
berpakaian sebagai ibadah untuk mendapatkan ridha Allah. Ada tidanya motivasi di dalam
diri untuk memakai hijab harus di paksakan untuk menjalani kewajiban sebagai wanita balig.
Akulturasi pada wujud budaya berupa kreasi hija b di Indonesia melahirkan keindahan -keindahan dan nilai estetika pada busana muslim di Indonesia. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah kualitatif denagn pendekatan fenomenologi.