PERAN LITERASI MEDIA DALAM SELEKTIVITAS BERITA (STUDI INTERAKSI SIMBOLIK PADA PENGGUNA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DI BANDUNG)

  • Hayyu Zaakiyah Universitas Langlang Buana
  • Eki Baihaki Universitas Langlang Buana
  • Tita Melia Milyane Universitas Langlang Buana
Keywords: Literasi Media, Instagram, Bully, Hoax, Spam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Literasi Media dalam Selektivitas Berita.
Penelitian ini menggunakan Teori Interaksi Simbolik George Herbert Mead, Teori Media
Baru Pierre Levy, dan Teori Ekologi Media Marshall McLuhan. Penelitian ini menggunakan
metode penelitian kualitatif, dengan paradigma penelitian konstruktivisme, dan Pendekatan
Penelitian Studi Interaksi Simbolik. Subjek penelitian adalah para pengguna akun Instagram
yang di tentukan secara purposive berdasarkan pertimbangan peneliti dengan tujuan tertentu.
Proses pengumpulan data diperoleh melalui wawancara mendalam dan pengamatan peran
serta terhadap informan, dedangkan untuk data penunjang di peroleh melalui studi
dokumentasi hasil penelitian sebelumnya, dan studi literatur lainnya, serta wawancara
dengan pihak terkait. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran literasi media terhadap
selektivitas berita adalah sangat berpengaruh karena seseorang yang cerdas bermedia akan
mengurangi dampak negatif dari berita yang tersebar di media itu sendiri khususnya
Instagram. Pengguna Instagram akan lebih kritis dalam menerima berita, selalu mengecek
kebenaran berita dan tidak mudah terpengaruh ataupun tidak mudah percaya pada berita
yang tersebar. Pengguna tidak akan memilih siapa saja temannya nam un lebih kepada sikap
menyaring pertemanan adalah salah satu yang di lakukan juga untuk mengurangi dampak
dari berita negatif. Mereka akan mengabaikan berita yang menurutnya tidak bermanfaat dan
tidak menyebar luaskannya lagi kepada orang lain. Tidak akan sembarangan memberi data
pribadi pada suatu tautan yang tidak jelas keberadaannya.

Published
2019-06-24