STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PRODUK SEPEDA MOTOR (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF DALAM UPAYA MEMPERKENALKAN PRODUK SEPEDA MOTOR HONDA KEPADA MASYARAKAT OLEH PT. DAYA ADICIPTA MUSTIKA BANDUNG)

  • Fachmi Herdiansyah Universitas Langlang Buana
  • Lusy Mukhlisiana Universitas Langlang Buana
Keywords: Strategi pemasaran, Produk, Sepeda Motor

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi Periklanan, Hubungan Masyarakat,
Penjualan Personal, Promosi Penjualan produk sepeda motor Honda kepada masyarakat oleh
PT. Daya Adicipta Mustika. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif,
dengan paragdigma penelitian konstruktivisme, dan studi deskriptif kualitatif. Subyek
penelitiannya adalah konsumen produk sepeda motor Honda yang ditentukan secara
purposif. Proses pengumpulan data diperoleh melalui wawancara dan pengamatan peran
serta ter hadap informan, sedangkan untuk data penunjang diperoleh melalui studi
dokumentasi hasil penelitian sebelumnya, dan studi literature lainnya, serta wawancara
dengan pihak terkait. Hasil penelitian menunjukan bahwa PT. Daya Adicipta Mustika
melakukan Strategi promosi dengan menggunakan Promotion mix yang
mengkomunikasikan produk secara persuasif. Dengan menggunakan media periklanan
diwilayah Jawa Barat, media cetak, media elektronik, media luar ruang dan media sosial
mampu memberikan pengaruh besar terhadap masyarakat pengguna sepeda motor Honda.
Namun diperlukan evaluasi mengenai strategi promotion mix yang telah dilakukan, guna
mempertahankan konsumen serta dapat meningkatkan hasil yang diinginkan.

Published
2019-06-24