REALITAS KOMUNIKASI PECANDU MINUMAN KERAS (STUDI FENOMENOLOGI PADA PERSONIL BAND ROCK X DI BANDUNG)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana realitas komunikasi pecandu
minuman keras pada personil band rock x di bandung Penelitian ini menggunakan metode
penelitian kualitatif, dengan paradigma penelitian konstruktivisme, dan pendekatan
penelitian studi wawancara mendalam. Subyek penelitian ini adalah para personil band rock
x yang ditentukan secara purposif berdasarkan permasalahan komunikasi antarpribadi.
Proses pengumpulan data diperoleh melalui wawancara mendalam dan pengamatan peran
serta terhadap informan, sedangkan untuk data penunjang diperoleh melalui studi
dokumentasi hasil penelitian sebelumnya, dan studi literature, serta wawancara dengan pihak
terkait. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penyebab realitas komunikasi pecandu
miras pada personil band rock X karena diawali oleh pandangan personil band rock X
terhadap minuman keras sebelum mereka mengenalinya. Personil band rock X sebelumnya
tidak mengetahui tentang minuman keras dan hanya mengetahui minuman keras dari teman
profesinya. Mereka berpandangan bahwa minnuman keras bisa meningkatkan kepercayaan
diri me reka dalam penampilannya diatas panggung.