LAYANAN EMAIL DALAM KOMUNIKASI PEMASARAN PRODUK KOMPUTER (STUDI KASUS DI PT TERA DATA INDONUSA CABANG BANDUNG)

  • Abdurohman Abdurohman Universitas Langlang Buana
  • Rannie Dyah Khatamisari Rachaju Universitas Langlang Buana
Keywords: Email, Pemasaran, Produk Komputer

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh maraknya penggunaan media chatting dan social
media yang mulai menggeser peranan layanan email dalam pemasaran produk komputer di
PT. Tera Data Indonusa Cabang Bandung. Berdasarkan latar belakang penelitian, peneliti
merumuskan masalah sebagai berikut; 1. Bentuk layanan email dalam komunik asi
pemasaran di PT. Ter a Data Indonusa Cabang Bandung., 2. Teknik layanan email dalam
komunikasi pemasaran di PT. Tera Data Indonusa Cabang Bandung. , 3. Proses layanan
email dalam komunikasi pemasaran di PT. Tera Data Indonusa Cabang Bandung.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Komunikasi Jaringan Peter R.
Monge, Teori Media Baru Jan Van Dijk dan Teori Marketing Mix Philip Kotler.
Berdasarkan pada pendekatan teori tersebut, peneliti merum uskan proposisi sebagai berikut:
1) Bentuk layanan email dalam komunikasi pemasaran di PT. Tera Data Indonusa cabang
bandung berupa penawaran harga, update product knowledge dan purchase order.
2) Teknik layanan email dalam komunikasi pemasaran di PT. Tera Data Indonusa cabang
bandung di ap likasikan dalam dua bentuk layanan email personal dan email blast.
3) Proses layanan email dalam komunikasi pemasaran di PT. Tera Data Indonusa cabang
bandung menggunakan media yang ada seperti Laptop atau personal PC dan perangkat
smartphone atau blackbe rry
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian diskritif dengan
pendekatan kualitatif. Data diperoleh melalui studi pustaka, observasi partisipan, studi kasus,
wawancara dan dokumentasi. Penentuan informan dilakukan dengan teknik purposive
sampling. Hasil penelitan ini menunjukan bahwa peranan komunikasi pemasaran sangat
ditentukan oleh media yang digunakan oleh perusahaan dalam memasarkan produknya.
Dengan adanya media komunikasi yang cepat, singkat dan tepat proses komunikasi
pemasaranpun dapat berjalan efektif untuk terjadinya proses penjualan dan pembelian di PT.
Tera Data Indonusa Cabang Bandung.

Published
2019-06-21