STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PARIWISATA CHINA TOWN (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF PADA PENGELOLA CHINA TOWN KOTA BANDUNG)

  • Desta Maya Rizka Universitas Langlang Buana
  • Tita Melia Milyane Universitas Langlang Buana
Keywords: Pariwisata, China Town, Komunikasi Pemasarab

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan paradigma
penelitian kontruktivisme dan pendekatan penelitian studi interaksi simbolik. Subyek
penelitiannya adalah strategi komunikasi pemasaran pariwisata China town. Proses
pengumpulan data diperoleh melalui observasi dan wawancara mendalam.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perencanan komunikasi pemasaran
pariwisata China Town tak hanya melakukan analisis situasi serta riset mengenai target pasar
dengan adanya perencanan China Town lebih mempersiapkan langkah apa saja yang akan
dilakukan dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Lalu selain melakukan berbagai
promosi seperti iklan di media massa maupun media sosial pihak China Town sendiri
melakukan pegawasan mengenai proses iklan tersebut dengan mengandeng Dinas terkait
seperti Dinas Kebudayan dan Pariwisata kota Bandung. Namun hambatan komunikasi
pemasaran pariwisata China Town yang terjadi men jadi persoalan bagi berbagai pihak yang
terjadi namun terlepas dari itu semua hambatan dapat teratasi jika adanya kerja sama yang
dijalin oleh semua pihak yang terkait.

Published
2019-06-21