KOMUNIKASI PERSUASI MARKETING OFFICER DALAM PEMASARAN PRODUK HOTEL (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF PADA PELANGGAN ÉL ROYALE HOTEL BANDUNG)
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui komunikasi persuasi marketing officer dalam
pemasaran produk hotel. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan
paradigma penelitian konstruktivisme, pendekatan penelitian studi deskriptif kualitatif.
Subyek penelitian adalah pelanggan éL Royale Hotel Bandung. Sampel ditentukan secara
purposif berdasarkan penggambaran komunikasi persuasi. Proses pengumpulan data
diperoleh melalui observasi terlibat dan wawancara mendalam terhadap informan,
sedangkan untuk data penunjang diperoleh melalui studi dokumentasi hasi l penelitian
sebelumnya, studi literatur, dan wawancara dengan pihak terkait.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa marketing officer proaktif menyapa dengan
ramah, mengucapkan salam dan sapa dengan senyuman tulus, menawarkan bantuan kepada
tamu yang data ng, melalui telepon, e-mail atau media sosial. Menanggapi keluhan dan
memberikan solusi atas masalah pelanggan dengan segera, hati-hati, tidak membeda -bedakan pelanggan, bekerja dengan penuh antusias dan memberikan perhatian penuh saat
melayani pelanggan. Berpenampilan rapi , berbicara sopan, selalu tersenyum, berkesan baik
dan meyakinkan pelanggan. Memiliki kemampuan negosiasi dalam tawar menawar harga.
Membangun database pelanggan untuk memberi info produk dan promo hotel melalui media
sosial atau e -mail. Membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan agar membuat
pelanggan menjadi loyal.