KONSEP DIRI PENGGUNA SNAPGRAM PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (STUDI INTERAKSI SIMBOLIK PADA MAHASISWA PENGGUNA SNAPGRAM DI UNIVERSITAS LANGLANGBUANA BANDUNG)

  • Yuli Pangesti Universitas Langlang Buana
  • Lusy Mukhlisiana Universitas Langlang Buana
Keywords: Konsep Diri, Snapgram, Media Sosial, Instagram, Komunikasi Antarpribadi

Abstract

Latar belakang dari penelitian adalah karena snapgram merupakan suatu fitur di
instagram yang sedang digandrungi, melalui snapgram pengguna dapat menggunggah hal
apapun, oleh karena itu peneliti merasa tertarik untuk meneliti mengenai konsep diri
pengguna snapgram . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi psiko logis, sosial
dan juga fisis pada pengguna snapgram. Penelitian ini menggunakan Teori Interaksi
Simbolik George Herbert Mead dan Teori Konstruksi Sosial Diri Rom Harre.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan paradigma
konstruktivi sme, dan pendekatan penelitian studi interaksi simbolik. Subjek penelitiannya
adalah mahasiswa/i pengguna snapgram . Proses pengumpulan data diperoleh melalui
wawancara mendalam dan pengamatan peran serta terhadap informan, sedangkan untuk
data penunjang di peroleh melalui dokumentasi hasil penelitian sebelumnya, dan studi
literatur lainnya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi pada pengguna snapgram
berbedabeda. Dalam sisi psikologis pengguna snapgram cenderung memiliki rasa percaya
diri pada saat a kan mengunggah suatu konten di snapgram dan juga merasa ingin
memuaskan followers -nya. Karena memiliki rasa kepercayaan diri yang cenderung narsis,
pengguna snapgram mempunyai persepsi fisis merasa dirinya terlihat cantik atau ganteng
dan juga keren pada beberapa konten yang diunggahnya. Walaupun dalam sisi persepsi
sosial pengguna snapgram sering mendapat anggapan negatif namun pengguna snapgram
cenderung tidak peduli dan menganggap bahwa semua orang memiliki hak untuk
berpendapat.

Published
2019-06-21