STRATEGI HUBUNGAN MASYARAKAT DALAM MENANGGAPI PEMBERITAAN DI MEDIA (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF PADA PT PINDAD (PERSERO) BANDUNG)

  • Alfina Fauziyyah Universitas Langlang Buana
  • Eki Baihaki Universitas Langlang Buana
Keywords: Hubungan Masyarakat, Strategi, PT Pindad (Persero), Media

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi hubungan masyarakat dalam
menanggapi pemberitaan di media. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif,
dengan paradigma penelitian konstruktivisme, dan pendekatan penelitian studi deskriptif
kualitatif. Subyek penelitiannya adalah petugas humas PT Pindad (Persero) Bandung
ditentukan secara purposive berdasarkan pertimbangan peneliti dengan tujuan tertentu.
Proses pengumpulan data diperoleh melalui observasi lapangan dan wawancara mendalam,
sedangkan untuk data penunjang diperoleh melalui studi dokumentasi hasil penelitian
sebelumnya, dan studi literatur lainnya, serta wawancara dengan pihak terkait.
Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi humas dalam menanggapi pemberitaan
di media yaitu dengan cara cr oss check, media monitoring, menggunakan hak jawab,
membuat siaran pers dan pengalihan isu. Humas PT Pindad (Persero) menemukan
hambatan -hambatan dalam menanggapi pemberitaan di media yaitu keterbatasan sumber
daya manusia, kecepatan waktu, kesalahpahaman dalam komunikasi dan asumsi publik.
Humas PT Pindad (Persero) menganggap pemberitaan hoax sebagai suatu tantangan bukan
suatu hambatan. Namun humas PT Pindad (Persero) dapat mengatasi hambatanhambatan
tersebut dengan baik. Selain itu Humas PT Pindad (Perse ro) memiliki cara untuk
mengembangkan jaringan dengan media yaitu dengan survei media lalu membuat list media,
kegiatan press gathering, menjalin kerjasama dengan media, dan menjalin kedekatan secara
informal dengan media.

Published
2019-06-17