Corporate Social Responsibility Sebagai Aktivitas Social Marketing Public Relations
Abstract
Keberhasilan suatu perusahaan salah satunya ditentukan oleh adanya perhatian terhadap lingkungan sosial. Artinya bahwa sukses komersial perusahaan-perusahaan dilihat juga dari bagaimana perusahaan mengelola aktivitas tanggung jawab sosial terhadap komunitas di sekitar daerah operasinya, sehingga upaya menciptakan hubungan antar komunitas sebagai anggota komunitas lokal yang lebih luas, perlu dipertimbangkan. Dengan kata lain, CSR merupakan cara perusahaan mengatur proses usaha untuk menghasilkan efek positif pada komunitas, bahkan dapat menjadi efek domino yang memberikan keuntungan tidak saja bagi komunitas maupun para stakeholder (baik internal maupun eksternal) tapi keuntungan juga akan diperoleh bagi perusahaan pelaku CSR itu sendiri. CSR yang dilakukan dalam bentuk aktivitas social marketing PR, tentu saja membawa konsekuensi adanya konsep kedermawanan perusahaan (corporate philanthropy) yang harus diimplementasikan secara etis dan legal. Dalam konteks PR, tanggung jawab sosial perusahaan itu diimplementasikan dalam program dan kegiatan community relations