Strategi Komunikasi Pimpinan Divisi Sales Region Jabodetabek PT. Telkomsel dalam Menyampaikan Target Penjualan Melalui Meeting Bulanan

  • Asshifa Dania Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Komunikasi Dan Bisnis, Universitas Telkom
  • Yuliani Rachma Putri Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Komunikasi Dan Bisnis, Universitas Telkom
Keywords: Strategi Komunikasi, Komunikasi Organisasi, Meeting

Abstract

Berjalan dengan baik atau tidaknya kegiatan organisasi sebagian besar ditentukan oleh kemampuan pimpinannya dalam berkomunikasi, salah satunya dengan bagaimana cara pimpinan tersebut mengkomunikasikan informasi terkait dengan pekerjaan agar karyawannya dapat menerima informasi tersebut dengan baik sehingga dapat mencapai hasil yang sesuai dengan target yang telah ditentukan. PT. Telkomsel merupakan salah satu perusahaan Telekomunikasi yang ada di Indonesia, dalam mencapai target-target penjualannya selama ini, PT. Telkomsel memiliki divisi sales yang terbagi menjadi beberapa region, salah satunya adalah region Jabodetabek yang memiliki tanggung jawab untuk menjual produk atau jasa mereka sesuai dengan target yang telah ditentukan. Namun sebelum melaksanakan pemenuhan target tersebut perlu disampaikan informasi yang harus mereka ketahui terlebih dahulu mengenai target terkait yang akan disampaikan oleh pimpinan. Divisi sales region Jabodetabek PT. Telkomsel memiliki kegiatan meeting bulanan dalam meeting inilah pimpinan menerapkan strategi komunikasinya agar informasi mengenai target penjualan dapat diterima dengan baik oleh karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pimpinan divisi sales region Jabodetabek dalam menyampaikan target penjualan melalui meeting bulanan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif berdasarkan pandangan konstruktivisme. Dalam mengumpulkan data, penelitian dilakukan dengan teknik wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pimpinan divisi sales region Jabodetabek PT. Telkomsel melakukan strategi komunikasi dengan cukup baik, adapun langkah strategi komunikasinya melalui beberapa tahap, yaitu tahap penetapan komunikator, tahap penetapan target sasaran, tahap menyusun pesan-pesan, tahap pemilihan media, dan tahap evaluasi.

Published
2018-03-05
How to Cite
Dania, A., & Putri, Y. (2018). Strategi Komunikasi Pimpinan Divisi Sales Region Jabodetabek PT. Telkomsel dalam Menyampaikan Target Penjualan Melalui Meeting Bulanan. DIALEKTIKA, 5(1). Retrieved from http://journal.unla.ac.id/index.php/dialektika/article/view/26