Komunikasi Persuasif Pegawai dalam Menangani Keluhan Pelanggan

  • Syubanuddin Murom STISIP Widyapuri Mandiri Sukabumi
  • Sutira Sutira STISIP Widyapuri Mandiri Sukabumi
Keywords: Komunikasi Persuasif, Keluhan, Pelanggan

Abstract

Komunikasi persuasif memiliki peran penting dalam proses pelayanan terhadap konsumen, khususnya dalam menangani keluhan karena mampu menyampaikan informasi dengan baik yang dibutuhkan pihak pelanggan dari pihak perusahaan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui argumentasi dan bukti, daya tarik psikologis, dan daya tarik kredibilitas pegawai dalam menangani keluhan pelanggan di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Bumi Wibawa Kota Sukabumi. Pendekatan yang digunakan dalam menelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Jenis penelitian deskriptif kualitatif digunakan pada penelitian ini untuk memperoleh gambaran mengenai pelaksanaan komunikasi persuasif dalam menangani keluhan pelanggan secara mendalam dan komprehensif. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara terhadap lima informan, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa argumen dan bukti yang lakukan pegawai sudah baik ditunjang dengan Kecerdasan Komunikator, Informasi yang informatif, Kompetensi pegawai yang mumpuni, dan Kewibawaan yang baik. Daya tarik psikologis pegawai sudah baik dilihat dari kemampuan verbal, Vokal, dan Visual yang ditampilkan. Daya tarik kredibilitas pegawai sudah baik didukung dengan Keahlian (expertise) yang dimiliki, Keterpercayaan (Trustworthiness), Kesukaan atau Daya Tarik (likability) yang baik.

References

Devito, Joseph A. 2011. Komunikasi Antarmanusia Terjemahan.
Tangerang: Karisma Publishing Group.
Goleman, Daniel. 2005. Working With Emotional Intelligence
Terjemahan. Jakarta: PT Gramedia.
Hendri, Ezi. 2019. Komunikasi Persuasif Pendekatan dan Strategi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Littlejohn, Stephen W, and Karen A Foss. 2018. Teori Komunikasi Terjemahan. Jakarta: Salemba Humanika.
Malik, Dedy Djamaluddin, and Yosal Iriantara. 1994. Komunikasi
Persuasif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Moleong, L. 2002. Metodologi Penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ruslan, Rosady. 2006. Manajemen Public Relations & Media Komunikasi. Jakarta: Penerbit Rajawali Pers.
Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Tjiptono, Fandy. 1997. Strategi Pemasaran Edisi 1. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Wibowo. 2012. Manajemen Kinerja. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Yusuf, Muri. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan
Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.
Published
2022-09-07
How to Cite
Murom, S., & Sutira, S. (2022). Komunikasi Persuasif Pegawai dalam Menangani Keluhan Pelanggan. DIALEKTIKA, 9(2), 206-221. https://doi.org/10.32816/dialektika.v9i2.2164
Section
Articles