Pelayanan Sosial melalui Komunikasi Efektif bagi Penyandang Disabilitas

  • Nunung Hastika Universitas Langlangbuana
  • Ero Suhara Universitas Langlangbuana
  • Rafih Sriwulandari Universitas Langlangbuana
  • Suhermanuddin Suhermanuddin Universitas Langlangbuana
Keywords: Pelayanan Sosial, Komunikasi Efektif, Disabilitas

Abstract

Kelompok disabilitas merupakan kelompok yang rentan terhadap kemiskinan. Salah satu faktor penyebabnya yaitu belum terciptanya kemandirian disabilitas. Masih banyak disabilitas yang terlantar dan mengalami hambatan dalam berkreativitas dan bekerja. Usaha masyarakat dan pemerintah untuk mengayomi disabilitas tidak hanya sekedar memberi sejumlah uang, tetapi dengan memberikan keterampilan kepada disabilitas sehingga dapat menciptakan kemandirian. Salah satu program yang dilaksanakan untuk menciptakan kemandirian disabilitas ini adalah dengan bentuk komunikasi efektif melalui pelaksanaan program pemberdayaan disabilitas creative center. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahi pelaksanaan program pemberdayaan difable creative center, untuk mengetahui kemandirian disabilitas, serta kontribusi pelaksanaan program pemberdayaan difable creative center terhadap kemandirian disabilitas. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan jenis pendekatan kualitatif. Adapun jumlah informan dalam penelitian ini sebanyak 10 orang. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Validitas data berupa triangulasi sumber dan triangulasi teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program pemberdayaan difable creative center berkontribusi terhadap kemandirian disabilitas dari segi aspek ekonomi, sosial dan spiritual. Aspek ekonomi cukup baik walaupun masih ada beberapa disabilitas yang tidak mendapatkan bantuan modal berupa mesin jahit sehingga tidak merasakan kontribusi dari adanya program ini. Sedangkan aspek sosial cukup baik dengan diadakannya workshop DCC. Adapun aspek spiritual disabilitas menunjukkan adanya perubahan karakter disabilitas.

References

Alamianti, Dina. "Makna Independent Living bagi Penyandang Disabilitas (Studi Fenomenologi Makna Independent Living Bagi Penyandang Disablitas di Bandung Independent Living Center (BILIC))." Dialektika Vol.5 No.1, 2018: 1-6.
Echols, John M., and Hasan Shadily. Kamus Indonesia Inggris. Jakarta: Gramedia, 1976.
Effendy, Onong Uchjana. Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.
Fahrudin., Adi. Pengantar Kesejahteraan Sosial. Bandung: PT.Refika Aditama, 2012.
Fuller, Sandra K. Employment for the developmentally disabled via one stop centers. Capella University, 2010.
Hernandez, Brigida., and et al. "Workers with Disabilities: Exploring the Hiring Intentions of Non-profit and For-profit Employers." Employ Respons Rights J Vol. 24, 2011: 237-249.
Moleong, Lexy Prof Dr, MA. Metode dan Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014.
Rachmawati, Emi, Rannie D.K. Rachaju, and Dina Alamianti. "Komunikasi Kebijakan Publik dalam Pengembangan Desa Wisata di Kampung Adat Cireundeu." Dialektika Vol.6 No.2, 2019: 188- 199.
Setyaningsih, R., and T. A. Gutama. "PENGEMBANGAN
KEMANDIRIAN BAGI KAUM DISABILITAS (Studi Kasus pada Peran Paguyuban Sehati dalam Upaya Pengembangan Kemandirian bagi Kaum Disabilitas di Kabupaten Sukoharjo)." Jurnal Sosiologi DILEMA, 31(1), 2016: 42-52.
Suharto., Edi. Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat, Kajian Strategis Pembangunan Kesejahteraan Sosial dan Pekerjaan Sosial. Bandung: PT. Refika Aditama, 2005.
Published
2022-09-07
How to Cite
Hastika, N., Suhara, E., Sriwulandari, R., & Suhermanuddin, S. (2022). Pelayanan Sosial melalui Komunikasi Efektif bagi Penyandang Disabilitas. DIALEKTIKA, 9(2), 160-167. https://doi.org/10.32816/dialektika.v9i2.2158
Section
Articles