Interaksi Simbolik pada Pembelajaran Daring

  • Lisdawati Wahjudin Universitas Langlangbuana
  • Wa Ode Nurul Yani Universitas Langlangbuana
  • Riefky Krisnayana Universitas Langlangbuana
  • Wiwin Winangsih Universitas Langlangbuana
  • Dian Susanti Universitas Langlangbuana
Keywords: Interaksi Simbolik, Pembelajaran Daring, Fisip Unla, Modal Sosial

Abstract

Penelitian ini bertema interaksi simbolik pembelajaran daring/online selama masa pandemik Covid-19 yang melibatkan dosen dan mahasiswa dalam komunikasi interaktif. Penelitian ini dilakukan di lingkungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Langlangbuana (Unla) Bandung. Hasil penelitian terkait pemanfaatan TIK menjelaskan bahwa perangkat lunak, perangkat keras, dan keterampilan pihak pengajar dan pembelajar dalam menghadapi kelas online harus terus dikembangkan dan diperbarui. Terkait metode dan teknik pengajaran online, perlu disepakati dan dikembangkan teknik pengajaran khusus dengan dukungan alat bantu pengajaran berupa fisik maupun virtual. Begitupun juga dengan sistem pembelajaran yang menggunakan aplikasi untuk memudahkan kegiatan belajar dan mengajar (KBM). Terakhir, bahwa pengajar harus memiliki pemahaman memadai dalam menyampaikan simbol-simbol ketika berkomunikasi dengan pembelajar yang memiliki latar belakang kultural yang berbeda. Sebagai pisau analisis penelitian ini menggunakan teori modal sosial dimana terjalin kerjasama antara individu dan kelompok sosial untuk mencapai tujuan serta memecahkan suatu masalah melalui nilai-nilai sosial yang ada di masyarakat. Diharapkan pembelajar serta institusi penyelenggara dapat menggunakan hasil penelitian ini untuk meningkatkan program belajar-mengajar baik dari segi teknis, metode, dan pemahaman antarbudaya.

References

Abidin, Z., Rumansyah, and K. Arizona. "Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar Di Tengah Pandemi Covid-19." Jurnal IlmiahProfesi Pendidikan, 5(1); https://doi.org/10.29303/JIPP.V5I1 .111, 2020: 64–70.
Bavel, J. J. Van, et al. "Using Social and Behavioural Science to Support COVID-19 Pandemic Response." Nature Human Behaviour 4(May); DOI: https://doi.org/10.1038/s41562- 020-0884-z, 2020: 460-471.
Creswell, John W. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. California, US: SAGE Publication, 2014.
Dwiyogo, W. D. Pembelajaran Berbasis Blended Learning. Depok: PT. Raja Grafindo, 2018.
Huang, Y.,, and N. Zhao. "Chinese Mental Health Burden during the COVID- 19 Pandemic." 2020.
Penelitiannya. Bandung: Widya,
2013.
Pujilestari, Y . "Dampak Positif
Pembelajaran Online Dalam Sistem Pendidikan Indonesia Pasca Pandemi Covid-19." Retrieved from http://journal.uinjkt.ac.id/index.ph p/adalah/article/view/15394/7199, 2020: 49-56.
Sampurno, Muchammad Bayu Tejo, Tri Cahyo Kusumandyoko, and Muh Ariffudin Islam. "Budaya Media Sosial, Edukasi Masyarakat, dan Pandemi COVID-19." Salam: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i Vol.7 No.3, 2020: 529-542.
Sulata, M.Ardi, and Abdul Aziz Hakim. "GAMBARAN PERKULIAHAN DARING MAHASISW A ILMU KEOLAHRAGAAN UNESA DI MASA PANDEMI COVID-19." Jurnal Kesehatan Olahraga V ol. 8 No.3 Oktober, 2020: 147-156.
Jayul,
A.,, and E. Irwanto. "Model Pembelajaran Daring Sebagai Alternatif Proses Kegiatan Belajar Pendidikan Jasmani di Tengah Pandemi Covid-19." Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2); DOI: https://doi.org/610.5281/zendo.389 2262, 2020: 190 – 199.
Kristiono, Indra Duwi, Wasis Djoko Dwiyogo, and Imam Hariadi. "PEMBELAJARAN ILMU GIZI OLAHRAGA BERBASIS BLENDED LEARNING PADA MAHASISW A PENDIDIKAN JASMANI, KESEHATAN, DAN REKREASI." Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian dan Pengembangan Vol.4 No.2, 2019: 235-241.
Kriyantono, R.,. Teknik Praktik Riset Komunikasi Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Prenada Media Group, 2006.
Kuswarno, Engkus. Metodologi Penelitian Komunikasi Fenomenologi: Konsep, Pedoman, dan Contoh
Published
2022-09-07
How to Cite
Wahjudin, L., Yani, W. O., Krisnayana, R., Winangsih, W., & Susanti, D. (2022). Interaksi Simbolik pada Pembelajaran Daring. DIALEKTIKA, 9(2), 148-159. https://doi.org/10.32816/dialektika.v9i2.2157
Section
Articles