Analisis Kekerasan dalam Rumah Tangga pada Perempuan Penyintas melalui Pendekatan Psikologi Komunikasi

  • Rodhiyat Fajar Salim Universitas Langlangbuana
  • Dina Alamianti Universitas Langlangbuana
  • Yusef Wandy Universitas Langlangbuana
Keywords: Komunikasi, Kekerasan dalam Rumah Tangga, Psikologi Komunikasi

Abstract

Penelitian ini membahas tentang analisis kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) pada perempuan penyintas dengan pendekatan psikologi komunikasi. Perlunya menjalin hubungan yang harmonis dalam rumah tangga sangat penting, kurangnya komunikasi dalam rumah tangga dapat menimbulkan konflik. Ketidakmampuan untuk mengendalikan emosi dan mencari solusi dapat memunculkan pertengkaran dan dapat berakibat pada kekerasan psikis. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk komunikasi kekerasan psikis dalam rumah tangga dan sikap istri dalam menerima kekerasan psikis yang dialami pada perempuan penyintas. Penelitian menggunakan studi kasus dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi di komunitas Bale Istri Kabupaten Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk kekerasan psikis yang dialami berupa pesan verbal seperti kata-kata kasar yang dapat membuat istri merasa tidak dihargai dan merasa diabaikan. Sedangkan sikap istri dalam menerima kekerasan psikis yang dialaminya melibatkan faktor ekonomi, perasaan sayang dan perubahan status sosialnya.

References

Anggraeni, L. (2012). Penerapan Metode Studi Kasus dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa pada Mata Kuliah Hubungan Internasional. Jurnal Media Komunikasi FIS, Vol.11 No.1 , 1-15.
Rakhmat, J. (2019). Psikologi Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Indonesia, P. (2004). Undang-Undang (UU) No. 23 Tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga. Jakarta: LL Sekretariat Negara.
Wahab, R. (2006). Kekerasan dalam Rumah Tangga Perspektif Psikologis dan Edukatif. Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 247-256.
Sari, I. K. (2018, Desember 4). Pola Komunikasi Keluarga Pelaku Kekerasan dalam Rumah Tangga (Studi Kasus pada Pasangan Muda). Retrieved from Mercubuana University Institutional: https://repository.mercubuana.ac.id/45841/
Nisa, H. (2018). Gambaran Bentuk Kekerasan dalam Rumah Tangga yang Dialami Perempuan Penyintas. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 57-66.
Maisah. (2016). Rumah Tangga dan HAM: Studi atas Trend Kekerasan dalam Rumah Tangga di Provinsi Jambi. Musawa: Jurnal Studi Gender dan Islam.
Novirianti, D., Farouk, P., & Soetono, B. (2005). Kekerasan dalam Rumah Tangga. Jakarta: Badan Pembinaan Hukum Nasional & Justice For The Poor Program.
Ihromi, T. (Yayasan Obor Indonesia). Bunga Rampai Sosiologi Keluarga. Jakarta: 1999.
Mubarok, & Andjani, M. D. (2014). Komunikasi Antarpribadi dalam Masyarakat Majemuk. Jakarta: Dapur Buku.
Published
2022-03-05
How to Cite
Salim, R., Alamianti, D., & Wandy, Y. (2022). Analisis Kekerasan dalam Rumah Tangga pada Perempuan Penyintas melalui Pendekatan Psikologi Komunikasi. DIALEKTIKA, 9(1), 123-133. https://doi.org/10.32816/dialektika.v9i1.2125
Section
Articles