Strategi dan Kekuatan Kampanye Politik di Masa Pandemi Covid-19

  • Ferly Pratama Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Keywords: Strategi, Media kampanye, Semiotika, Kekuatan politik

Abstract

Penelitian ini berangkat dari fenomena pemanfaatan media kampenye politik sebagai sebuah solusi dari keterbatasan ruang gerak di masa pandemi Covid-19. Usaha demikian sebagai wujud strategi dalam membentuk kekuatan kampanye politik khususnya yang dilakukan oleh paslon bupati dan wakil bupati nomor urut tiga kabupaten Rejang Lebong Syamsul Effendi dan Hendra Wahyudiansyah dalam menggunakan media kalender kampanye pada pilkada 2020. Untuk melihat dan membongkar itu semua, diperlukan anlisis secara mendalam seperti analisis semiotika salah satunya semiotika dari Rolland Barthes, sehingga strategi itu tercermati bukan hanya sebatas penggunaan medianya saja akan tetapi juga pada aspek penyusunan isi dari kalender kampenye yang memberikan makna khusus untuk bisa menarik simpati bagi yang melihat dan membaca, dan pada akhiranya akan berpartisipasi di dalamnya, apalagi terdapat foto bupati lama yang telah menjabat dua periode berturut-turut yakni Ahmad Hijazi, sehingga menambah kesan adanya kepercayaan serta amanah untuk melanjutkan masa kepemimpinan kabupaten Rejang Lebong selanjutnya. Selaras dengan hal demikian, bahwa rangkaian proses strategi tersebutlah yang menjadi kekuatan politik bagi paslon bupati dan wakil bupati Rejang Lebong Syamsul Hendra, karena yang dicermati bukan hanya sebatas kukuatan itu bisa muncul, tetapi lebih dari pada bagaimana kekuatan itu dibangun, tentu dengan cara atau strategi, pemanfaaatan media, dan penyesuainya kondisi khususnya di masa pandemi Covid-19.

References

Aminullah, A. (2010). Stretegi Komunikasi Politik Partai Pada Pemilu Legeslatif 2009 (Studi Kasus Partai Keadilan Sejahtera Yogyakarta). Jurnal Ilmu Kimunikasi, Vol 8 (nomor 1), 11.
Amir Piliang, Y. (2012). Semiotika dan Hipersemiotika: Gaya, Kode dan Matinya Makna. Matahari.
Antaranews, A. (2020). Keputusan Penetapan Bupati Terpilih. KPU Rejang Lebong sebut penetapan bupati terpilih tunggu putusan MK - ANTARA News https://www.antaranews.com/berita/1895192/kpu-rejang-lebong-sebut-penetapan-bupati-terpilih-tunggu-putusan-mk
Ardha, B. (2014). Social Media Sebagai Media Kampanye Partai Politik 2014 Di Indonesia. Jurnal Visi Komunikasi, Vol13 (Nomor 01), 16.
Ardipandanto, A. (2018). Strategi Kampanye Dan Kemenangan Ridwan Kamil Dalam Pilgub Jabar 2018. Jurnal Kajian, Vol 23 (nomor 3), 24.
Bungin, B. (2001). Metode Penelitian Kualitatif. Raja Grafindo Persada.
Dewanti, A. M., & Sari, M. M. K. (2021). Strategi Kampanye Politik Pasangan Calon Bupati Dan Wakil Bupati Gresik Pada Pilkada 2020 Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Unesa (Kajian Moral & Kewarganegaraan), Vol 9 (nomor 3), 15.
Evendi, F., & Kurnia, D. A. (2020). Strategi Kampanye Politik Pemilihan Kepala Desa Dalam Upaya Menggiring Opini Publik (Studi Pada PILKADES Serentak Kabupaten Blitar 2019). Jurnal Translitera, Vol 9 (nomor 2), 12.
Hilman, Y. A., Khoirurrosyidin, K., & Lestarini, N. (2020). Peta Politik Pemilukada Kabupaten Ponorogo 2020 di Tengah Pandemi Covid-19. Politicon : Jurnal Ilmu Politik, Vol 2 (nomor 2), 129–148. https://doi.org/10.15575/politicon.v2i2.8983
Jewiit, V. T., Carey, & Leeuwen. (2010). The Handbook Of Visual Analisis-Visual Meaning: A Social Semiotic Approach. Unib Of Cape Town Lib.
Juned, M., Maliki, M., & Asrudin, M. (2015). Kekuatan Politik Media Sosial: Uji Kasus pada Revolusi Mesir 2011. Global: Jurnal Politik Internasional, Vol 15 (nomor 1). https://doi.org/10.7454/global.v15i1.20
Kriyantono, R. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Kencana Prenada Media Group.
Kriyantono, R. (2010). Teknik Praktis Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relation, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Kencana Prenada Media Grup.
One Nes Bengkulu, O. N. B. (2020). LADASH Berikrar Sia Menangkan SAHE di Pilkada 2020. http://onenewsbengkulu.com/berita/detail/ladash-berikrar-siap-menangkan-sahe-di-pilkada-2020
Permata Sari, Q. I. (2021). Strategi Kampanye Dalam Jaringan Pasangan Calon Wali Kota Solo Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Analisa Sosiologi, vol 10. https://doi.org/10.20961/jas.v10i0.47637
Petty, P., & Cacioppo, C. (1996). Attitude and Persuation: Classic and contemporary Approaches. Westview Pers.
Sobur, A. (2003). Semiotika Komunikasi. PT. Remaja Rosdakarya.
Sudi, M. (2016). Penyelenggaraan Pemilihan Calon Legeslatif Kabupaten Biak Numfor Pada Pemilu 2014. “Analisis Semiotika Pada Iklan Calon Legislatif Kabupaten Biak Numfor Pada Pemilu 2014.” Jurnal Gema Kampus, Vol 11.
Susanti, D. I. (2018). Kajian Semiotika pada Papan Reklame Kampanye Pemilihan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat 2018-2023. Jurnal Desain, Vol 6 (nomor 01), 27.
T. Christomy, T. C., & Yuwono, U. (2004). Semiotika Budaya. Pusat Kemasyarakatan dan Budaya UI.
Wahyuni, H. (2021). Strategi Partai Gerindra dalam Mewujudkan Representasi Perempuan di DPRD Provinsi Sumbar Periode 2019-2024. Juornal Of Civic Education, Vol 4 (nomor 3), 8.
Wibowo, W. (2001). Semiotika Komunikasi: Aplikasi Praktis Bagi Penelitian dan Skripsi Komunikasi. Mitra Wacana Media.
Yuswohady, Y. (2008). CWORD: Marceting Becomes Horizontal. Gramedia Pustaka Utama.
Published
2022-03-05
How to Cite
Pratama, F. (2022). Strategi dan Kekuatan Kampanye Politik di Masa Pandemi Covid-19. DIALEKTIKA, 9(1), 1-15. https://doi.org/10.32816/dialektika.v9i1.2122
Section
Articles