Realitas Komunikasi Orang Tua dengan Balita Kecanduan Gawai di Kota Bandung

  • Rannie Dyah Khatamisari Rachaju Universitas Langlangbuana
  • Nia Pusparini Universitas Langlangbuana
  • Acep Juandi Universitas Langlangbuana
Keywords: Realitas Kecanduan, Gawai, Anak Balita

Abstract

Kecanduan gawai merupakan ancaman serius bagi tumbuh kembang balita karena dapat membuat mereka menjadi pribadi tertutup hingga sulit untuk bersosialisasi, sehingga orang tua diharapkan menyadari ancaman tersebut dan berupaya mengawasi serta membatasi anak menggunakan gawai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motif tujuan, motif penyebab, dan makna dari pemberian gawai oleh orang tua pada anak balita mereka yang masih bersekolah TK. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi fenomenologi. Subjek penelitian ini adalah orang tua murid yang memiliki anak usia sekolah TK di Kota Bandung. Proses pengumpulan data diperoleh melalui wawancara mendalam dan pengamatan terhadap informan, sedangkan untuk data penunjang diperoleh melalui dokumentasi, hasil penelitian sebelumnya, dan wawancara pihak terkait lainya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa motif tujuan orang tua memberikan gawai pada anak balitanya yakni sebagai upaya memaksimalkan pemanfaatan teknologi sehingga tumbuh kembang anak bisa maksimal, motif penyebab orang tua memberi gawai pada anak balita, karena melihat secara terus-menerus bahwa orang tua lainnya yang memberikan anak mereka gawai, makna pemakaian gawai pada anak dianggap sebagai sarana hiburan. Namun karena kurangnya wawasan terhadap dampak yang ditimbulkan membuat anak berakhir kecanduan gawai dengan tidak disadari.

References

Alamianti, Dina, and Rannie Dyah K. Rachaju. "Realitas Phone Snubbing pada Pergaulan Remaja." Jurnal Audience, 2021: 209-220.
Casmini. Emotional Parenting. Yogyakarta: PilarMedika, 2011.
Hamidi, Jazim. Metode Penelitian Kualitatif. Malang: UMM Press, 2017.
Kuswarno, Engkus. Metode Penelitian Komunikasi Fenomenologi. Bandung: Widya Padjajaran, 2013.
Littlejohn, Stephen W. & Karen A. Foss. Teori Komunikasi. Jakarta: Salemba , 2011.
Moleong, Lexy Prof Dr, MA. Metode dan Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014.
Musfiroh, Tadkiroatum. Cerdas Melalui Bermain. Jakarta: Grasindo, 2008.
Pediatric, American Academy of. Medscape, 2016: 5.
Sandelowski, Margarete. "Using Qualitative Research." sage Journals, 2004: 1366-1386.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R dan D. . Bandung: Alfabeta, 2014.
Wildawati, W. Peran Orang Tua dalam Mengatasi Dampak Penggunaan Handphone terhadap Perkembangan Kepribadian Anak di Desa Bontolohe Kecamatan Rilau Ale Kabupaten Bulukumba. Makassar: Universitas Islam Negeri Alauddin , 2019.
Published
2022-03-05
How to Cite
Rachaju, R., Pusparini, N., & Juandi, A. (2022). Realitas Komunikasi Orang Tua dengan Balita Kecanduan Gawai di Kota Bandung. DIALEKTIKA, 9(1), 90-110. https://doi.org/10.32816/dialektika.v9i1.2118
Section
Articles