Komunikasi Pemasaran untuk Produk Kecantikan Halal pada Azqiara Klinik Cantik Muslimah di Kota Makassar

  • Fauzia Fauzia Universitas Muhammadiyah Makasar
  • Indah Pratiwi Manggaga Universitas Muhammadiyah Makasar
Keywords: Komunikasi Pemasaran, Produk Kecantikan Halal, Jenama

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bentuk komunikasi pemasaran produk kecantikan halal yang diterapkan oleh Klinik Kecantikan Azqiara. Tipe penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian field research. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi pemasaran produk Kecantikan Halal Azqiara Klinik Cantik Muslimah di Kota Makassar ditinjau dari Instagram informasi produk, layanan,  pembelian, periklanan dan sponsorshipkreatif. Azqiara Klinik memberikan pelayanan dengan prinsip 3s (salam, senyum dan sapa). Azqiara Klinik Cantik Muslimah memanfaatkan komunikasi dengan terpadu dalam menyebarkan informasi produk, layanan dan pembelian hingga advertising periklanan dan sponsorship kreatif sehingga dapat menciptakan rasa ketertarikan dari konsumen untuk  menggunakan produk dan layanan yang ditawarkan. Sedangkan kendala komunikasi yang dihadapi dalam pemasaran produk Azqiara Klinik Cantik Muslimah di Kota Makassar, cenderung pada kendala teknis seperti pemahaman konsumen dalam mendapatkan informasi melaui sosial media instagram atau website.

References

Alo, Liliweri. 2017. Komunikasi Antar Personal. Jakarta : Remaja Rosdakarya.
Dewantari, Ilmy. 2017. “Strategi Komunikasi Pemasaran Cafe “Burger Loves Me”dalam meningkatkan jumlah konsumen”.Jakarta : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pembangunan Nasional Veteran.
Effendy, Onong Uchjana. 2017. Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Hermawan. Agus. 2012. Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga
Mulyana, Deddy. 2014. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Cetakan ke 18. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Nainggolan. Wina. 2017. “Komunikasi dalam Pemasaran melalui Media Sosial (studi pada Online Shop Parnasib Etnik)”. Skripsi : Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Sumatera Utara.
Priansa, Donni Juni. 2017. Komunikasi Pemasaran Terpadu. Bandung : CV Pustaka Setia.
Prisgunanto, Ilham. 2018. Komunikasi Bisnis Pemasaran, Strategi dan Taktik. Jakarta. Ghalia Indonesia
_______________. 2018. Komunikasi Pemasaran: Strategi & Taktik. Bogor : Ghalia Indonesia.
Ruslan, Rosady. 2014. Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi. Jakarta :Rajawali Perss.
Soemanagara, Rd. 2017. Strategic Marketing Communication.Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. 2014. Memahami Penelitian Kuantitatif. Bandung : Alfabeta.
______________. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R & D. Bandung: Alfabeta
Terence. A, Shimp. 2014. Periklanan Promosi & Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu, Jilid I ( edisi 5). Jakarta : Erlangga
J.Semenik & Thomas C., Richard. 2016. Advertising and Integrated Brand Promotion. USA: Thomson South-Western.
Published
2022-03-05
How to Cite
Fauzia, F., & Manggaga, I. (2022). Komunikasi Pemasaran untuk Produk Kecantikan Halal pada Azqiara Klinik Cantik Muslimah di Kota Makassar. DIALEKTIKA, 9(1), 65-76. https://doi.org/10.32816/dialektika.v9i1.2116
Section
Articles