PENGARUH BRAND AMBASSADOR NCT 127 DAN DAYA TARIK IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK NATURE REPUBLIC

  • Afifah Fathia Az Zahra Universitas Langlang Buana
  • Ratih Hasanah Sudrajat Universitas Telkom
Keywords: Brand Ambassador, Daya Tarik Iklan, Keputusan Pembelian

Abstract

Banyaknya cara yang dapat dilakukan untuk melakukan promosi suatu produk sehingga dikenal khalayak, dan dapat mempengaruhi suatu keputusan pembelian. Nature Republic sebagai salah satu brand korea dibidang kecantikan yang menggunakan brand ambassador dan penayangan iklan dengan daya tarik tersendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui seberapa besar pengaruh brand ambassador NCT 127 dan daya tarik iklan terhadap keputusan pembelian produk Nature Republic. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan teknik non-probability sampling yang mana purposive sampling sebagai jenisnya. Sampel yang digunakan sebanyak 385 responden dengan kriteria tertentu yaitu berjenis kelamin perempuan berdomisili Jakarta yang pernah melakukan transaksi pembelian produk Nature Republic dan melihat iklan Nature Republic yang dibintangi oleh NCT 127. Hasil penelitian menunjukan brand ambassador NCT 127 dan daya tarik iklan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian produk Nature Republic secara parsial maupun simultan. Adapun nilai koefisien determinasi sebesar 0,491 sehingga adanya pengaruh brand ambassador NCT 127 dan daya tarik iklan terhadap keputusan pembelian Nature Republic yaitu dengan nilai sebesar 49,2% sedangkan sisanya 50,8% yang dipengaruhi oleh faktor lain.

References

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Asosiasi Digital Marketing Indonesia. (2020). Data Produk Kecantikan Terlaris di E-Commerce.
Ghozali, H. I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete (8th ed.). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Greenwood, L. (2012). Fashion Marketing Communications. New Jersey: John Wiley & Sons.
Gunawan, L. (2015). The Impact of Cosumers ’ Attitude on Online Video Advertising towards Product Branding. 3(2), 413–422.
Kotler, Philip, dan Gary Armstrong. (2014). Principles of Marketing. England: Pearson Education Limited.
Morissan, M. A. (2010). Periklanan Komunikasi Pemasaran Tepadu (Pertama). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Pusparisa, Yosepha. (2020). Produk Skincare Korea Selata Jadi Pilihan Warga Asia. .
Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Published
2021-09-10
How to Cite
Az Zahra, A., & Sudrajat, R. (2021). PENGARUH BRAND AMBASSADOR NCT 127 DAN DAYA TARIK IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK NATURE REPUBLIC. DIALEKTIKA, 8(2), 228-237. https://doi.org/10.32816/dialektika.v8i2.1978
Section
Articles