INSTAGRAM STORIES SEBAGAI MEDIA AKTUALISASI DIRI

  • Rannie Dyah Khatamisari Rachaju Universitas Langlang Buana
  • Dina Alamianti Universitas Langlang Buana
Keywords: Instagram, Stories, Aktualisasi Diri

Abstract

Pemberitaan mengenai konflik antar individu yang dipicu oleh unggahan stories dan bahkan ada yang berujung menjadi awal sumber kejahatan semakin marak dengan semakin terbukanya individu pada ruang publik. Sehingga penelitian ini berusaha untuk menangkap motif penyebab dan motif tujuan, serta makna komunikasi dari penggunaan media instagram stories sebagai media aktualisasi diri. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Sedangkan Teori yang digunakan yaitu Konsep Fenomenologi dari Alfred Schutz, yang di dukung dengan Teori Aktualisasi Diri dari Abraham Maslow. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan penelaahan dokumen, baik itu dari penelitian terdahulu yang masih terkait maupun literatur yang mendukung penelitian ini. Adapun hasil yang didapatkan penelitian ini menunjukan bahwa tingginya keingintahuan individu terhadap stories pengguna instagram lainnya, membuat individu tersebut pada akhirnya mengikuti berbagai aktivitas unggahan orang tersebut. Suasana hati pengguna instagram akan sangat berpengaruh terhadap unggahan stories pada akunnya. Stories dapat berdampak positif dan negatif pada pengguna maupun yang mengikutinya atau follower-nya. Stories juga dapat digunakan untuk membentuk citra diri pengguna, serta dapat dijadikan outlet untuk menyalurkan bakat pengguna.

References

Cresswell, J. W. Research Design, Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2016.
Denzin, Norman K., dan Yvonna S. Lincoln.,. Handbook of Qualitative Research . United States of America: Sage Publication Inc.,,
2018.
Gunawan, Imam. Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik.
Jakarta: Bumi Aksara, 2013.
Kuswarno, Engkus. Metodologi Penelitian Komunikasi Fenomenologi:
Konsep, Pedoman, dan Contoh Penelitiannya. Bandung: Widya, 2013.
Littlejohn, Stephen W. dan Foss. A. Karen. Teori Komunikasi. Jakarta:
Penerbit Kencana, 2009. Morissan. 2013. Teori Komunikasi.
Individu Hingga Massa. Jakarta:PT. Kencana Prenada Media Group Morissan.
Farid, Andy. 2010. Teori Komunikasi Massa: Media, Budaya dan Masyarakat. Bogor: Ghalia Indonesia.
Mulyana, D. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya., 2017.
Riyanto, Andi Dwi. "Hoorsuite (We Are Social)." Hoorsuite (We Are
Social). Februari 2020. https://andi.link/hootsuite-we-are- social-indonesian-digital-report- 2020/ (accessed Februari 15, 2021).
Sugiyono. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV.Alfabeta, 2015.
Published
2021-09-10
How to Cite
Rachaju, R., & Alamianti, D. (2021). INSTAGRAM STORIES SEBAGAI MEDIA AKTUALISASI DIRI. DIALEKTIKA, 8(2), 177-196. https://doi.org/10.32816/dialektika.v8i2.1975
Section
Articles