INOVASI LAYANAN PUBLIK PUSAT INFORMASI DAN KOORDINASI JAWA BARAT (PIKOBAR) SAAT PANDEMI COVID-19

  • Syaidah Syaidah Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BPSDMP) Kominfo
Keywords: Inovasi, Layanan Publik, Pikobar

Abstract

Segala daya serta upaya telah dilakukan oleh pemerintah Indonesia dalam uapaya penaggulangan wabah virus Corona Covid-19, berbagai kebijakan serta peraturan pemerintah pusat  dalam rangka penanggulangan pandemic Covid-19 ini juga dilanjutkan oleh pemerintah daerah pemerintah daerah di seluruh Indonesia, tak terkecuali Provinsi Jawa Barat. Inovasi Pelayanan publik “PIKOBAR”  merupakan salah satu inovasi yang dibuat oleh pemerintah provinsi Jawa Barat dalam upaya  mendukung penanganan wabah Covid-19 berada di satu platform. Tujuan dari penelitian ini adalah mengambarkan bagaimana inovasi pelayanan publik tentang pencegahan dan penanggulangan corona virus disease 19 (covid-19) berbasis inovatif di provinsi Jawa Barat. Inovasi kebijakan public diharapkan dapat memberikan percepatan dalam pencegahan dan penanggulangan wabah yang terjadi sekarang ini. Metode tulisan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik analisis studi literature berbagai kebijakan publik untuk menggambarkan konsep-konsep yang sesuai dengan kajian inovasi pelayanan publik.

References

Anggara Sahya, Afiyah Salamatun, Farida Siti Ai, Muslim Jaliludin (2020) ; Jurnal ; Inovasi Kebijakan Publik Tentang Pencegahan Dan Penanggulangan Corona Virus Diesese 19) (COVID-19) Di Jawa Barat. http://digilib.uinsgd.ac.id/30850/1/INOVASI%20KEBIJAKAN%20PUBLIK%20TENTANG%20PENCEGAHAN%20DAN%20PENANGGULANGAN%20edit.pdf diakses tanggal 12 Nopember 2020.

Considine, M., Lewis, J. M., Alexander, D., Considine, M., Lewis, J. M., & Alexander, D. (2009). Innovation and Public Policy. In Networks, Innovation and Public Policy. https://doi.org/10.1057/97802305950> diakses 4 Agustus 2020

Farida, A. siti. (2011). Sistem Ekonomi Indonesia. Bandung: Pustaka Setia.

Hermansyah (2020) Artikel, (14 oktober 2020) Inovasi Digital Jabar Diapresiasi Tim Juri Anugerah Pemerintah Daerah Inovatif 2020 tersedia diakses tanggal 15 Nopember 2020.

Ishak, D., Maolani, D. Y., & Engkus, E. (2017). Konsep Kinerja Dalam Studi Organisasi Publik. JISPO: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik.

Kurniawan Hendra, (2020) ; https://ombudsman.go.id/artikel/r/artikel--saran- terhadap-pelayanan-publik di- masa-pandemi-covid-19.> Diakses tanggal 12 agustus 2020.
Muslim , J. (2016). Indeks Kepuasan Masyarakat (Ikm) Pada Dinas Pemuda Dan Olahraga Kota Bandung Tahun 2015. Jispo, 6(1), 124–128. Retrieved from diakses tanggal 5 Nopember 2020

Nur Khansa Ranawati (2020) ; Pikobar (Pusat Informasi dan Koordinasi COVID 19 Jabar).. diakses tanggal 15 Nopember 2020.

Sururi, A. (2017). Inovasi Kebijakan Dalam Prespektif Administrasi Publik Menuju Terwujudnya Good Public Policy Governance. Journal Spirit Publik.

Tito, Artikel (2020); Ayo Purwakarta diakses tanggal 12 Agustus 2020

Undang-Undang No 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.
Published
2020-09-15
How to Cite
Syaidah, S. (2020). INOVASI LAYANAN PUBLIK PUSAT INFORMASI DAN KOORDINASI JAWA BARAT (PIKOBAR) SAAT PANDEMI COVID-19. DIALEKTIKA, 7(2), 148-158. Retrieved from http://journal.unla.ac.id/index.php/dialektika/article/view/1730
Section
Articles