IMPLEMENTASI KEBIJAKAN AKUNTABILITAS PEMERINTAH KOTA BANDUNG

  • Budi Kurniadi Universitas Langlangbuana
Keywords: Kebijakan reformasi birokrasi, Akuntabilitas, Kinerja

Abstract

Terselenggaranya pemerintahan yang baik merupakan   agenda reformasi birokrasi saat ini yang menitik beratkan pada peningkatan akuntabilitas instansi pemerintah serta peningkatan kinerja yang berorientasi pada hasil (outcome).Akuntabilitas merupakan salah satu asas best practices dalam pengelolaan keuangan Negara yang disusun secara periodik dalam penyelenggaraan Negara yang Bersih dan Bebas Korupsi, Kolusi dan Nepotisme.Metode penelitian yang digunakan adalah Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi kebijakan Akuntabilitas Pemerintah Kota Bandung dilaksanakan sesuai dengan tuntutan tata kelola pememerintahan yang baik dan ini dibuktikan dengan peringkat A untuk penilaian SAKIP Kota Bandung. Pada kondisi tersebut upaya dan strategi optimal dilakukan pemerintah Kota Bandung sehingga mental dan sikap aparatur dapat berubah dan bersinergis kebijakan reformasi birokrasi.

References

Ripley, Rendal B. and Grace A. Franklin. 1982. Policy Implementation and Bureaucracy, second edition, the Dorsey Press, Chicago-Illionis.
Miles, Mattew B and Huberman, Michael A,1984 , Qualitative Data Analysis : A Sourccebook of New Mthods, Beverly Hills: London Sage Publications.
Moleong,J.Lexy, 2007, Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung :PT Remaja Rosdakarya.
Nasution, S, 1988, Metode penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito
Mahmudi, 2002, Organisasi Sektor Publik, Jakarta : Rajawali
Mardiasmo, 2002, Akuntabilitas Publik, Bandung: Grafika
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2005 Tentang Penyusunan dan Penerapan Standar Pelayanan Minimal
Sutopo & Suryanto. 2006. Pelayanan Prima Modul Diklat Pra Jabatan Golongan III. Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia.
Published
2020-03-06
How to Cite
Kurniadi, B. (2020). IMPLEMENTASI KEBIJAKAN AKUNTABILITAS PEMERINTAH KOTA BANDUNG. DIALEKTIKA, 7(1), 78-88. https://doi.org/10.32816/dialektika.v7i1.1425
Section
Articles