PENGARUH MODEL ANTRIAN DAN WAKTU MENUNGGU (IDLE TIME) TERHADAP EFEKTIVITAS PELAYANAN KEPADA NASABAH TABUNGAN

  • Erni Nurma prodi manajemen, fakultas ekonomi dan bisnis, universitas langlangbuana
Keywords: Model Antrian, Waktu Menunggu (Idle Time), Efektivitas Pelayanan

Abstract

Perkembangan dunia perbankan di Indonesia telah menimbulkan persaingan yang sehat diantara bank pemerintah, swasta maupun asing dalam hal menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkan kembali kepada masyarakat, serta mempunyai fungsi sebagai intermediary service.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Model Antrian dan Waktu Menunggu (Idle Time) terhadap efektivitas pelayanan nasabah Tabungan Haji Arafah PT. Bank Muamalat Indonesia,Tbk Cabang Buah Batu baik secara parsial dan simultan. Metode yang digunakan adalah deskriptif dan verifikatif dengan jumlah sampel 98 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan menyebarkan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis jalur, koefisien determinasi dan uji hipotesis.

Hasil Penelitian menunjukan besar pengaruh Model Antrian dan Waktu Menunggu (Idle Time) terhadap Efektivitas Pelayanan nasabah PT. Bank Muamalat Indonesia,Tbk dapat dikatakan cukup baik. Waktu Menunggu memberikan pengaruh besar pada Efektivitas Pelayanan dibandingkan Model Antrian terhadap Efektivitas Pelayanan.

References

Fahmi, 2012. Manajemen Produksi Dan Operasi. Bandung : Alfabeta.
H.A.S Moenir . 2011. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta. PT. Bumi _______Aksara.
Husein Umar. 2010. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta. PT. _______Rajagrafindo Persada
Jay Heizer dan Barry Render, 2010. Operation Management. Jakarta : Salemba Empat.
Sugiyono, 2014. Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.
Published
2019-08-07