PENGARUH PROMOSI PENJUALAN DI INSTAGRAM, LOKASI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI KASUS PADA KANZ COFFEE & EATERY)

  • Sheila Azizah Prodi Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Telkom
  • Adhi Prasetio Prodi Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Telkom
Keywords: Promosi Penjualan, Lokasi, Kualitas Layanan, Keputusan Pembelian, Café

Abstract

Jenis penelitian ini merupakan metode kuantitatif. Populasi tidak diketahui dan merupakan pelanggan dari Kanz Coffee. Sampel yang diambil sebanyak 101 responden dengan teknik sampel purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel yang berpengaruh positif dan signifikan adalah price pcak, rebate dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan variabel lainnya yaitu, premium, contest dan lokasi tidak berpengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian pada Kanz Coffee.

References

Ailawadi, Kusum L., et all. 2014. Consumer Response to Uncertain Promotions: An Empirical Analysis of Conditional Rebates. International Journal of Research in Marketing, pp. 94-106
Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia – APJII. 2017. Penetrasi & Perilaku Pengguna Internet Indonesia - Survey 2016.
Atmaja, Desy Purwanti., & Adiwinata, Martinus Febria. 2013. Pengaruh Produk, Harga, Lokasi dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian di Kopitiam Oey Surabaya. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa, Vol.1 No.2 pp. 551-562
Badan Pusat Statistik Kota Bandung. 2016. Jumlah Penduduk Menurut Kelompok Umur dan Jenis Kelamin di Kota Bandung. (https://bandungkota.bps.go.id/statictable/2017/08/29/104/jumlah-penduduk-menurut-kelompok-umur-dan-jenis-kelamin-di-kota-bandung-2016-.html)
Buil, Isabel., Chernatiny, Leslie de., & Montaner, Teresa. 2013. Factors Influencing consumer of gift promotions. European Journal of Marketing, Vol 47, No. 3/2 pp. 574-595
Carlson, Jay P. 2018. Consumer Evaluation of Bonus Packs Offered with Price Discount. Journal of Consumer Marketing, Vol. 36 pp. 22-31
Kotler, P., & Armstrong, G. 2012. Principles of Marketing. Inggris: Pearson Education Limited
Kotler, P., & Keller, K. L. 2008. Manajemen Pemasaran Edisi Ketigabelas. Jakarta: Penerbit Erlangga
Natalia, Priccila., & Mulyana, Mumuh. 2014. Pengaruh Periklanan dan Promosi Penjualan terhadap Keputusan Pembelian PT Axiata di Bogor. Jurnal Ilmiah Kesatuan, Vol. 2, No.2 pp. 119-128
Neha, Soni., & Manoj, Verghese. 2013. Sales Promotion Tools on Consumer’s Purchase Decision towards White Good (Refrigerator) at Durg and Bhilai Region of CG, India. Research Journal of Management Sciences, Vol. 2(7), 10-14
Pradana, Arief Surya., & Saraswati, Trisha Gilang. 2018. Pengaruh Promosi Penjualan terhadap Proses Keputusan Pembelian Jasa Grabcar. e-proceeding of management, Vol.5, No.2
Priansa, Donni J. 2017. Komunikasi Pemasaran Terpadu pada Era Media Sosial. Bandung: CV Pustaka Setia.
Priyatno, Duwi. 2014. SPSS 22: Pengolahan Data Terpraktis. Yogyakarta: Penerbit Andi
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta Bandung
Zeithaml, Valarie A., Bitner, Mary jo., & Gremler, Dwayne D. 2013. Service Marketing: Integrating Customer Focus Across the Firm. New York: Mc-GrawHill
Published
2019-08-07