ANALISIS PEMETAAN DARI PENGUKURAN UNIVERSITAS TERAKREDITASI A DI KOTA BANDUNG BERDASARKAN ELEMEN-ELEMEN BRAND EQUITY MENGGUNAKAN METODE MULTIDIMENSIONAL SCALING

  • Chika Lebriani S1 Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Telkom

Abstract

Abstrak: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang menggunakan metode kuantitatif. Metode kuantitatif adalah metode dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Metode untuk mengumpulkan data pada penelitian ini adalah menggunakan kuesioner dengan jumlah responden yaitu sebanyak 400 responden yang mengetahui dan memahami semua universitas terakreditasi A di Kota Bandung dan sedang/pernah memperoleh pendidikan di Perguruan Tinggi, sehingga menggunakan purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan yaitu multidimensional scaling. Hasil yang didapat dari penelitian ini, urutan universitas yang paling memiliki brand equity secara keseluruhan dari yang paling unggul adalah ITB, UNPAD, UPI, Universitas Telkom, lalu UNPAR dan UNISBA menempati posisi terakhir. ITB unggul dalam brand association dan perceived quality, UNPAD unggul dalam brand loyalty, UPI unggul dalam brand awareness, sedangkan Universitas Telkom, UNPAR, dan UNISBA tidak memiliki keunggulan pada elemen brand equity.

Kata Kunci: Pemetaan persepsi, multidimensional scaling, ekuitas merek, universitas terakreditasi A.

 

Abstract: This research is a descriptive study that uses quantitative methods. Quantitative method is a method with the aim of testing a predetermited hypothesis. The method for collecting data in this study is to use a questionnaire with the number of respondents is 400 who know and understand A-accredited universities in the city of Bandung and are / have received education in Higher Education, so using purposive sampling. The analysis technique used is multidimensional scaling. The results obtained from this study, the sequence of universities that have the most brand equity as a whole from the most superior are ITB, UNPAD, UPI, Telkom University, then UNPAR and UNISBA in the last place. ITB excels in brand association and perceived quality, UNPAD excels in brand loyalty, UPI excels in brand awareness, while Telkom University, UNPAR, and UNISBA don’t have an edge on brand equity elements.

Keywords: Perceptual map, multidimensional scaling, brand equity, accredited A college.

Published
2019-08-07