ANALISIS CUSTOMER VALUE INDEX DALAM MEMILIH SKIN CARE DI KOTA BANDUNG TAHUN 2017

  • Elfath Ilafi Baradina Rosyada Prodi Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Telkom
  • Osa Omar Sharif Prodi Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Telkom
Keywords: Konjoin, Customer Value Index, Skin Care

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode konjoin dengan alat bantu SPSS 24. Sampel pada penelitian ini sebanyak 390 responden. Hasil dari analisis konjoin customer value index tertinggi terdapat pada kombinasi profile card 1 sebesar 1,362 yaitu skin care dengan spesifikasi yang memiliki harga sedang, kualifikasi dokter dan terapis yang memegang sertifikat dan berpengalaman, memiliki tingkat privasi diseluruh ruangan, jenis fasilitas yang memiliki fasilitas dasar, dan menggunakan brand produk skin care bermerk. Dan diketahui atribut yang menjadi value driver adalah kualifikasi dokter dan terapis dengan nilai kegunaan sebesar 0,825. Saran dari penelitian adalah sebaiknya pelaku industri Skin care harus memastikan kualifikasi dokter dan terapisnya memiliki sertifikasi dibidang kecantikan dan juga menambah berbagai keahliah para dokter dan terapis sesuai dengan tren kecantikan yang ada dengan mengikuti pelatihan-pelatihan di bidang kecantikan.

 

References

Best, R. J. (2012). Market-based management : strategies for growing customer value and profitability. New York: PEARSON.
Hair et., al. (2010). Multivariate Data Analysis : Global Perspective, 7th edition.
Hawkins & Mothersbaugh. (2010). Consumer Behavior, Building marketing Strategy. Mc.Graw Hill International Edition.
Kotler & Keller. (2007). Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 2. Jakarta: Indeks.
______________. (2009). Manajemen Pemasaran, Edisi Ketiga Belas. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Kotler & Armstrong (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi 12 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kucukusta, B. D. (2016). Spa market segmentation according to customer preference. International Journal of Contemporary Hospitality Management , 419.
Larissa Aesthetic Center. (2017). Tentang Larissa. Diambil kembali dari larissa.co.id: https://www.larissa.co.id/faq
Peter & Olson (2014). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Jakarta: Salemba Empat.
Ramadany, W. M. (2010). Studi Deskriptif Mengenai Tingkat Kepuasan Konsumen Tehadap Kualitas Pelayanan Skin Care "X" di Kota Bandung. Maranatha Respository System, 1.
Sehat, T. C. (2016). Paket Perawatan Klinik Kecantikan Naavagreen Natural Skin Care Terbaru. Diambil kembali dari tipskecantikanterkini.com:
http://www.tipscantikterkini.com/
2016/04/paket-perawatan-klinik-
kecantikan-naavagreen-natural-
skin- care-terbaru.html?m=1.
Published
2019-04-04