PENGARUH LITERASI KEUANGAN TERHADAP KINERJA UMKM

  • Baby Stephani Kasenda Prodi Administrasi Bisnis, Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Universitas Telkom
  • Candra Wijayangka Prodi Administrasi Bisnis, Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Universitas Telkom
Keywords: Literasi Keuangan, Kinerja, UMKM

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif . Pengambilan sampel dilakukan dengan metode non-probability sampling jenis sampling jenuh, dengan jumlah responden yang diteliti sebanyak 35 orang. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, literasi keuangan berpengaruh terhadap kinerja. Hal ini dibuktikan dengan t-hitung lebih besar daripada t-hitung (5,725>2,035) dengan tingkat signifikansi 0,05. Berdasarkan hasil penelitian koefisien determinasi, literasi keuangan berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja sebesar 49,8% sedangkan 50,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. literasi keuangan pada UMKM anggota binaan PPKM untuk wilayah Rancaekek dan Cileunyi termasuk dalam kategori tidak baik. Hal ini perlu terus dikelola dan ditingkatkan agar dapat membantu UMKM dalam meningkatkan profitabilitas.

 

References

Abor, J., & Quartey, P. (2010). Issues in SME Development in Ghana and South Africa. International Research Journal of Finance and Economics.
Anggraeni, B. D. (2015). Pengaruh Tingkat LiteFrasi Keuangan pemilik Usaha Terhadap Pengelolaan Keuangan. Jurnal Vokasi Indonesia. Vol. 3, No. 1.
Aribawa, D. (2016). Pengaruh literasi keuangan terhadap kinerja dan keberlangsungan UMKM di Jawa Tengah. Jurnal Siasat Bisnis (JSB). Vol 20, No. 1.
Carolynne, L. J. M., & Richard, M. S. W. (2000). Conceptualizing Financial Literacy Business School Research Series.
Dahmen, P., and Rodríguez, E. (2014). "Financial Literacy and the Success of Small Businesses: An Observation from a Small.
Darmawan, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Defisit, OJK, dan USAID. (2013 ) Developing Indonesian Financial Literacy Index. Jakarta. USAID. Development/R&D). Bandung: Alfabeta.
Huston, S. J. (2010). Measuring Financial Literacy. The Journal of Consumer Affairs, 44(2), 296-317.
Suci, Y. R. (2017). Perkembangan UMKM Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos. Vol. 6, No.1
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Cet. 20.
Suhartanto, D. (2014). Metode Riset Pemasaran. Bandung : Alfabeta.
Published
2019-04-04