PENGARUH LITERASI KEUANGAN TERHADAP PERTUMBUHAN USAHA PADA UMKM

  • Sonya Oktara Sabilla Prodi Administrasi Bisnis, Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Universitas Telkom
  • Candra Wijayangka Prodi Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Telkom
Keywords: Literasi Keuangan, Pertumbuhan Usaha, UMKM

Abstract

Dalam penelitian ini yang menjadi objek penelitian adalah anggota UMKM binaan Paguyuban Pengusaha Kecil Menengah (PPKM) wilayah Rancaekek dan Cileunyi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif . Pengambilan sampel dilakukan dengan metode non-probability sampling jenis sampling jenuh, dengan jumlah responden yang diteliti sebanyak 35 orang. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, literasi keuangan berpengaruh terhadap pertumbuhan usaha. Hal ini dibuktikan dengan t-hitung lebih besar daripada t-hitung (4,723>2,035) dengan tingkat signifikansi 0,00 < 0,05. Berdasarkan hasil penelitian koefisien determinasi, literasi keuangan berpengaruh secara signifikan terhadap pertumbuhan usaha sebesar 40,3% sedangkan 59,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Literasi keuangan pada anggota UMKM binaan PPKM wilayah Rancaekek dan Cileunyi termasuk dalam kategori baik. Pengetahuan dalam literasi keuangan harus terus ditingkatkan untuk membantu para pelaku UMKM dalam pertumbuhan usahanya.

References

Abor, J., & Quartey, P. (2010). Issues in SME Development in Ghana and South Africa. International Research Journal of Finance and Economics, Vol. 3, 218-227.
Badan Pusat Statistik & Kementerian Negara Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (BPS dan KN KUKM). (2013). Statistik Usaha Kecil dan Menengah 22013012-2013
Eke, E., & Raath, C. (2013). SMME Owners’ Financial Literacy and Business Growth. Journal of Social Sciences MCSER Publishing, Rome-Italy, Vol.4 (13), 397-406.
Huston, S. J. (2010). Measuring Financial Literacy. The Journal of Consumer Affairs, 44(2), 296-317.
Kasmir. (2012). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Kristiyanti, M. (2012). Peran Strategis Usaha Kecil Menengah (UKM) Dalam Pembangunan Nasional. Majalah Ilmiah Informatika, Vol. 3 No.1, Januari.
Lusimbo, E. N., dan Muturi, W. (2016). Financial Literacy and The Growth of Small Enterprises in Kenya : A Case of Kakamega Central Sub-County, Kenya. International Journal of Economics, Commerce and Management, Vol. 4 (6), 828-845.
Otoritas Jasa Keuangan. (2016). Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) 2016
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan (Reaserch and Development/ R&D). Bandung: Alfabeta.
Wickham P, A. (1998). Strategic Entrepreneurship. Essex: A Decision-making Approach to New Venture Creation and Management
Wickham P, A. (2006). Strategic Entrepreneurship. Essex: Financial Times Prentice Hall.
Yoshino, N. P. M., & Wignaraja, G. (2015). Financial Education in Asia: Assessment and Recommendations.
Published
2019-04-04