PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PRESEPSI HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA SB MART CABANG CIJAMBE BANDUNG

  • Haga Jaya Sampurna Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Langlangbuana
  • Arief Tasrif Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Langlangbuana
Keywords: Kualitas Pelayanan, Persepsi harga, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Teknik pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah riset lapangan dan kepustakaan dengan jumlah responden sebanyak 160  orang responden. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode angket dengan dengan skal likert. Uji persyaratan analisis dengan menggunakan uji validitas, reliabilitas, uji t hitung dan uji F. Adapun metode analisis yang digunakan yaitu dengan analisis jalur (path analysis) dengan menggunakan bantuan SPSS ver 20 for windows. Dalam pengujian hipotesis, digunakan perhitungan statistik, yaitu uji F dan uji t denagnuji dua pihak. Dengan tingkat signifikan 0,05, dimana uji F adalah 24,203 > 3,90 artinya Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya bahwa kualitas pelayanan dan persepsi harga mempunyai pengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Uji t untuk kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan adalah sebesar 4,372 > 1,975, artinya kualitas pelayanan mempunyai pengaruh terhadap kepuasan pelanggan, sedangakan uji t untuk persepsi harga terhadap kepuasan pelanggan adalah sebesar 2,868 > 1.975, artinya persepsi harga mempunyai pengaruh terhadap kepuasan pelanggan.

References

Kotler, P. (2005), Manajemen Pemasaran Jakarta: PT. Prenhallindo.
Kotler & Keller, (2012). Marketing Management Edisi 14, Global Edition. Pearson Prentice Hall.
Lupiyoadi, R. (2010). Manajemen pemasaran jasa. Jakarta: Salemba Empat.
Purnama, N. (2006). Manajemen Kualitas; Perspektif Global. Yogyakarta: Ekonisia. Rakhmat.
Schiffman & Kanuk. (2010). Perilaku Konsumen (edisi ketujuh). PT. Indeks, Jakarta.
Tjiptono, F. (2005). Pemasaran Jasa, Edisi pertama. Yogyakarta: Bayumedia Publishing.
Published
2019-04-02