PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI LASIK CENTRE RUMAH SAKIT MATA CICENDO BANDUNG
Abstract
Kualitas pelayanan menjadi variabel penting dalam menentukan kesuksesan dalam bidang jasa kesehatan, tetapi selain hal tersebut variabel lainnya yang juga penting adalah bauran pemasaran jasa yang merupakan strategi pemasaran yang baik agar kualitas jasa yang ditawarkan dapat dilihat, didengar, dan dibeli oleh konsumen/pasien dengan cara mempromosikan, membuat produk jasanya, mendistribusikan, menetapkan harga, menyampaikan layanan, ada proses pelayanan, dan adanya bukti fisik pada sasaran-sasaran pemasarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran jasa dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien pada Lasik Centre Rumah Sakit Mata Cicendo Bandung. Data dalam penelitian adalah data primer dan sekunder. Dengan analisis jalur (path analysis) penelitian ini menggunakan metode statistik explanatory deskriptif. Sampel yang digunakan sebanyak 88 pasien, adapun uji hipotesis mengunakan uji secara parsial dan simultan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bauran pemasaran jasa dan kualitas pelayanan memberikan pengaruh terhadap kepuasan pasien baik secara parsial maupun simultan. Artinya bauran pemasaran jasa dan kualitas pelayanan secara bersama-sama dapat meningkatkan kepuasan konsumen. Hal ini berarti bahwa bauran pemasaran jasa dan kulaitas pelayanan memiliki peran signifikan dalam meningkatkan kepuasan pasien Lasik Centre pada Rumah Sakit Mata Cicendo Bandung.
Kata kunci:
References
Andi Tjiptono, (2008) Service Management Mewujudkan Layanan Prima, Penerbit Andi
Yogyakarta
Arikunto, Suharsimi (2009), Manajemen Penelitian, Penerbit Rinek Cipta, Jakarta
Buchari Alma (2007), Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Penerbit Alfabeta
cetakan ke tujuh
Ching-Fu Chen *Meng-huan Tsai*, (2008) Perceived Value =, Satisfaction, and Loyalty
product shopping : Involvement as a Moderator, Journal
Homepage : www.elsevier.com/locate/tourman.
Cronin, J.J., Jr., Brady, M.K. & Hult, T.M. (2000) “ assessing the effects of Quality,
Value, Customer satisfaction on Consument Behavioral Intentions in service
environment “, Journal of Retailing Vol. 76 No. 2 pp.193-218
Fandy Tjiptono, (2006), Pemasaran Jasa Penerbit oleh Bayumedia Publishing, Edisi
Kedua.
-------------------, (2008) Service Management Mewujudkan Pelayanan Prima, Penerbit
Andi Yogyakarta
------------------, (2009), Service Marketing Esensi & Aplikasi Marknessis Yogyakarta
Cetakan Pertama.
Tjiptono dan Chandra, (2007) Service Quality & Satisfaction, Penerbit
CV. Andi Offset Edisi ke 2.
Ferdinand, Augusty (2000). Struktural Equation Model dalam Penelitian, Edisi I
Universitas Diponegoro. Semarang
Festus Olorunniwo and Maxwell K. Hsu, 92006), A typology analysis of service quality,
customer satisfaction and behavioral intentions in mass Servicess, Journal
Marketing Service Quality Vol 16 No. 2.
Hackett, R. D., Lapierre, L.M & hausdorf, P.A. (2001), “ Understanding the Links
Between Work Commitment Construcsks” Journal of Vocational Behavior, 58
(3) : 392-413.
Hair, J.F. J., Black, W.C. Babin, B.J. Anderson R.F. & Tatham, R. L. (2006),
Multivariate data Analysis (6th ed) Engelwood Cliffs, NJ : Prentice-Hal
Hawkins, J. (2001), “ Quality shipping in the Asia Pasific Region “ International Journal
of maritime Economics, Vol 3 No. 1, pp. 79-101
Jil Griffin, (2003) Customer Loyalty Menumbuhkan dan Mempertahankan kesetiaan
Pelanggan, Penerbit Erlangga Edisi Revisi dan Terbaru
Jun M. Yang, Z and Kim, D (2004), “ Customers perceptions of online retailing service
quality and their satisfaction “, The International Journal of Quality and Reability
management, Vol 21 No. 8, pp. 817-37.
Kotler, and Keller, (2009), Marketing Management, 13 th Edition, Pearson
Lovelock, Cristopher, (2007), Manajemen Pemasaran Jasa, PT. Indeks Prantice Hall
Majalah Marketing (2010) No. 06/X/Juni 2010, Potensi Pelayaran, Tentang Debarkasi
dan Embarkasi Penumpang Kapal Tahun 2006 s.d. 2009.
Muhtosin, Arif, (2006), Pemasaran Jasa dan Kualitas Pelayaran (Bagaimana
Mengelola Kualitas Pelayanan agar Memuaskan Pelanggan), Bayumedia
Publising, Malang Jawa Timur
Muhtosin, Arif (2004). Pengaruh Keputusan Konsumen Pasca Penggunaan Jasa
Terhadap Penanganan Komplain dan Dampaknya pada Keterkaitan Konsumen.
Disertasi Program Doktor Manajemen Bisnis UNPAD
Parasuraman, A, and Gewal, D. (2000),” The Impact of Technology on the Quality
Value Loyalty Chain : A research Agenda”. Journal of the Academy of
marketing Science Vo. 28 No 1 pp 168-174
Parasuraman, A, and Colby, C.L. (2001), a “ lecnno : Ready, Marketing, “ How and Why
“ your customers Adopt technology, the free Press, New York, NY.
Parasuraman, A (2005) “Technology Readness Index (TRI) : a multiple-item scaleto
measure readiness to embrace new technologies” Journal of service Research,
2(4), 307-320
Payne, A. (2000) “Relationship marketing. The UK perspective”, in Sheth, J. and
parpatiyar, A. (eds), hanbook of Relationship Marketing, Sage Publications,
London, pp. 39-68.
Philip Kotler, Kevin, Keller, (2009), Marketing Management 13 th edition Pearson
Prentice Hall
Philip Kotler and Gary Amstrong, (2010) Prinsiples of Marketing, Thirteenth Edition,
Pearson Prentice Hall
Rangkuti, F. (2002). Measuring Customer Satisfaction : Teknik mengukur dan Strategi
Meningkatkan Kepuasan Pelanggan, Gramedia Pustaka Utama. Jakarta