PENGARUH PERIKLANAN DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK MEREK TLOAC DI BENNYCHEN BANDUNG

  • Silvia Aprilianti Program Studi S1 Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Langlangbuana Bandung
Keywords: Periklanan, Citra Merek, Keputusan Pembelian

Abstract

Perusahaan industri kosmetik saat ini dituntut untuk menciptakan produk yang berkualitas baik atau menerapkan strategi pemasaran yang tepat, produk kosmetik harus disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan konsumen agar perusahaan dapat bersaing di pasar kosmetik. Oleh karena itu penelitian ini akan meneliti bagaimana periklanan kosmetik tloac dan juga bagaimana terbentuknya citra merek pada kosmetik tersebut serta sejauh mana pengaruh periklanan dan citra merek terhadap keputusan pembelian pada produk kosmetik merek tloac.

Metode yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah metode sampling aksidental dimana penelitian ini tidak mengambil seluruh populasi yang dimiliki akan tetapi mengambil sampel yang representative mengingat keberadaan waktu serta kompleksifitas dari populasi. Data yang dikumpulkan adalah dengan cara kuesioner dan wawancara. Kuesioner yang disebarkan kepada 88 orang responden dan pengulahan data dari penelitian menggunakan path analysi.

Variabel Periklanan dapat dinyatakan dalam kategori baik dan berjalan dengan optimal. Begitu pula dengan variabel citra merek berada dalam kategori baik pula dan berpengaruh positif bagi konsumen. Dan variabel keputusan pembelian berada dalam kategori baik serta berpengaruh positif bagi konsumen tloac. Secara simultan periklanan dan citra merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Dan secara parsial  periklanan dan citra merek memberikan pengaruh yang positif terhadap keputusan pembelian produk tloac.

References

Abdulah, Thamrin. 2016. Manajemen Pemasaran, edisi 5. Jakarta : Rajawali Pers
Dewi, Kurnia Nina. 2015. Pemasaran strategis, Kasus dan komentar, edisi kesebelas jilid 1. Permata Puri Media.
Fahmi, Irham. 2014. Etika Bisnis, Teori kasus dan Solusi. Bandung : Alfabeta.
Kotler & Amstrong. 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran, edisi 14E. Jakarta : Erlangga.
Monle, Carla Jhonson. Lee. 2011. Prinsip-Prinsip Pokok Periklanan dalam Perspektif Global. Prenada Media Kencana.
Musay.Jurnal administrasi bisnis. VOL 3, NO 2 .2013. PENGARUH BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survei Pada Konsumen KFC Kawi
Malang).http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view /141/197
Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran Teori dan Implikasi. Yogyakarta: ANDI
Sugiyono. 2013. Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Published
2019-03-28