PENGARUH CITRA MEREK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PRODUK ZOYA
(Survey Pada Pengunjung Outlet Zoya di Bandung Indah Plaza)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap loyalitas konsumen produk Zoya (survey pada pengunjung outlet zoya di bandung indah plaza). Loyalitas konsumen merupakan hal yang penting untuk dilakukan perusahaan untuk mengatasi persaingan yang ketat di dunia usaha sekarang ini. Salah satu jalan untuk meraih keunggulan kompetisi dalam mempertahankan loyalitas konsumen adalah dengan membentuk citra merek dan kualitas produk yang baik. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari kuesioner (data primer) dikumpulkan dari 88 responden dan beberapa observasi serta wawancara langsung dengan konsumen produk zoya. Data yang diperoleh kemudian diuji secara statistic dengan metode MSI dan SPSS menggunakan koefisien korelasi person. Teknis analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur (path analysis) dengan menggunakan uji hipotesis,yaitu uji T dan uji F. Dari penelitian ini dapat disimpulkan Berdasarkan uji T variabel citra merek dan kualitas produk secara individual masingmasing memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen. Berdasarkan uji F bahwa secara bersama-sama variabel citra merek dan kualitas produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel loyalitas konsumen. Selain itu dari penelitian ini juga diperoleh nilai R Square sebesar 0,547, hal tersebut menunjukkan bahwa 54,7% variabel loyalitas konsumen dapat di jelaskan oleh variabel independennya, sedangkan sisanya sebesar 45,3% di jelaskan oleh variabel-variabel lain di luar penelitian ini.
References
Buchari Alma . 2011. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung : Alfabeta
Fandy, Tjiptono.(2011).Pemasaran Jasa. Bayu Media,Malang
Sugiono ,2010. Metode Penelitian Bisnis. Cetakan ketujuh. Bandung : Alfabeta
Kotler, Keler. 2012. Marketing Management edition. New Jersey :Prentice Hall, Person Hall. Person edition.inc.
____ Amstrong. 2012 . Principle Of Marketing. Upper saddle River, N.J : Pearson Prentice