PENGARUH PENGGUNAAN DAN KEPUASAN PENGGUNA TERHADAP DAMPAK INDIVIDUAL PADA APLIKASI PENASIHAT KEUANGAN MONICCA

  • Syaifullah Abdurrachman Prodi Administrasi Bisnis, Fakultas Komunikasi Bisnis, Universitas Telkom
  • Candra Wijayangka Prodi Administrasi Bisnis, Fakultas Komunikasi Bisnis, Universitas Telkom
Keywords: Penggunaan, Kepuasan Pengguna, Dampak Individual

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif menggunakan uji regresi linier berganda. Kesimpulan penelitian ini adalah
kepuasan pengguna dan penggunaan baik secara parsial maupun bersama-sama berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap dampak individual, dimana masingmasing variabelnya memiliki presentase yang baik sebesar 79,3% untuk kepuasan pengguna, 66,8% untuk penggunaan, dan 86,2% untuk dampak individual.

References

Aulia dan Puspita. (2015). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Implementasi Portal Akademik dengan Menggunakan Model DeLone dan McLean (Studi Kasus Model Dosen pada Portal iGracias di Universitas Telkom).
Budi, Djoko dan Joko Santoso. (2015). Model DeLone dan McLean untuk Mengukur Kesuksesan EGovernment Kota Pekalongan. ISSN: 2407-7658. Volume 2.
Dody dan Zulaikha. (2007). Pengujian Model DeLone and McLean Dalam Pengembangan Sistem Informasi Manajemen (Kajian Sebuah Kasus). Universitas Diponegoro.
Iivari, Juhani. (2005). An Empirical Test of The DeLone-McLean Model of Information System Success. Database for Advance in Information System (DFA). ISSN: 1532-0936. Volume 36. Proquest Company.
Ike, Wahyu dan Andi. (2014). Analisis Kesuksesan Sistem Bimbingan Online STMIK AMIKOM Yogyakarta. STMIK AMIKOM Yogyakarta.
Kurniawan dan Aldo. (2010). Adaptasi Model DeLone dan McLean yang Dimodifikasi Guna Menguji Keberhasilan Implementasi Software Akuntansi Bagi Individu Pengguna : Studi Empiris pada Perusahaan Dalam Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di BEI.
Laksmiyati, Nurul. (2015). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Individu Pengguna Sistem Informasi dengan Menggunakan Model DeLone dan McLean (Studi Empiris pada Pengguna Aplikasi Sistem Informasi Akuntansi di BNI).
Mintzberg, Henry. (2008). Managers Not MBAs. (p.12).
Muhammad, Islam Salim (2014). Analisis Kesuksesan Sistem Informasi Perpustakaan Senayan dengan Pendekatan Model DeLone dan McLean di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta.
Permadi, Agustian. (2017). Pendekatan Model DeLone dan McLean Dalam Kesuksesan Implementasi Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA) Keuangan.
[Ralph C. Davis. (2007). The Fundamentals of Top Management. New York: Harper and Brothers. (p. 293).
Susanti, Purwaningsih (2010). Analisis Kesuksesan Penerapan Sistem Informasi pada Sistem Informasi Pelayanan Terpadu (SIPT) Online (Studi pada PT Jamsostek (PERSERO)). Semarang. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Manggala.
Published
2018-12-27