ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI WISATAWAN MEMILIH TRAVELOKA SEBAGAI APLIKASI PENUNJANG PERJALANAN

  • Riezka Sekartaji Nabiela Prodi Administrasi Bisnis, Fakultas Komunikasi Bisnis, Universitas Telkom
  • Farah Oktafani Prodi Administrasi Bisnis, Fakultas Komunikasi Bisnis, Universitas Telkom
Keywords: analisis faktor, keputusan pembelian, online travel agent, Traveloka

Abstract

Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode pengukuran data menggunakan skala likert, menggunakan uji
validitas, reliabilitas setra teknis analisis data adalah Principal Component Analysis. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh terhadap 26 variabel penelitian, terbentuk 4 faktor baru yaitu Keunggulan Bersaing, Kemudahan & Sistem Informasi, Motivasi Pembelian dan Kemudahan Pengaduan. Dari keempat faktor yang terbentuk, faktor Keunggulan Bersaing teridentifikasi sebagai faktor dominan, terbukti dari nilai % of Variance yakni sebesar 27,774%.

References

Kotler, Philip. Keller, Kevin. 2016, Marketing Management, Edisi ke-15, Penerbit Perarson Education Muliana, Erni. Kusuma Negara, I Made.
Kusuma Dewi, Luh Gede Leli. 2016, Analisis Faktor-Faktor Yang Mendorong Wisatawan Melakukan Keputusan Pembelian Tiket Pesawat Melalui Mobile Booking Pada Situs Traveloka.com, Jurnal IPTA, Edisi 1, Universitas Udayana.
Sangadji, Etta Mamang. Sopiah. 2013, Perilaku Konsumen, Penerbit CV Andi Offset Yogyakarta.
Satria, Dwi. 2013, Analisis FaktorFaktor yang Mempengaruhi Penggunaan Jejaring Sosial Facebook Dalam Penerapan Strategi Promosi Penjualan Online Shop, Skripsi Administrasi Bisnis Fakultas Komunikasi dan Bisnis Universitas Telkom.
Sunyoto, Danang. 2015, Perilaku Konsumen dan Pemasaran. Penerbit Center for Academic Publishing Service (CAPS) Gejayan-Yogyakarta.
Published
2018-12-27