PENGARUH BUDAYA ORGANISASI TERHADAP EMPLOYEE ENGAGEMENT DI PT. ASURANSI JASA INDONESIA CABANG BANDUNG RITEL

  • Atiqah Tiara Anugra Prodi Administrasi Bisnis, Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Universitas Telkom
  • Romat Saragih Prodi Administrasi Bisnis, Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Universitas Telkom
Keywords: Budaya Organisasi, Employee Engagement

Abstract

Faktor sumber daya manusia merupakan salah satu faktor yang paling potensial untuk memberikan keunggulan kompetitif bagi organisasi. Salah satu bentuk pengelolaan sumber daya manusia yang penting adalah keterlibatan karyawan (employee engagement). Employee engagement dapat terpengaruh oleh salah satu faktor yaitu budaya organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi terhadap employee engagement PT. Asuransi Jasa Indonesia Cabang Bandung Ritel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Responden dalam penelitian ini adalah karyawan PT. Asuransi Jasa Indonesia Cabang Bandung Ritel dengan jumlah populasi sebanyak 35 responden. Pengambilan sampel dengan teknik sampel jenuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanggapan responden terhadap budaya organisasi dengan dimensi involvement, consistency, adaptability, dan mission secara keseluruhan berada dalam kategori baik. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa budaya organisasi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap employee engagement PT. Asuransi Jasa Indonesia Cabang Bandung Ritel.

References

Creswell, J.W. (2014). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Endres, Grace, M. & Mancheno-Smoak,
L. (2008). The Human Resource Craze: Human Performance Improvement and Employee Engagement. Organization Development Journal; Spring 26 (1), h. 69-78.
Denison, D. R., Haaland, S., & Goelzer, P. (2003). Corporate culture and organizational effectiveness: Is there a similar pattern around the world? (Advances in Global Leadership, Volume 3). Emerald Group Publishing Limited, pp.205 – 227
Federman, Brad. (2009). Employee Engagement : A Roadmap for Creating Profits, Optimizing Performance, and Increasing Loyality. San Francisco: JosseyBass A Wiley Imprint.
Hasibuan, Malayu S.P. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Ratenje, Vibhas dan Emond, Larry. (2013). Why Indonesia Must Engage Younger Workers.
Rizkiani, Wikantika. (2016). PengaruhGaya Kepemimpinan Transformasional Terhadap Employee engagement (Studi pada Divisi Produksi PBB Bogor PT. Wijaya Karya Beton, TBK).
Romanou, et al. (2010). Managerial Perspectives on Employee Engagement.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.
Sunyoto, Danang. (2015). Manajemen dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Buku Seru.
Taniredja, Tukiran dan Mustafidah, Hidayati. (2011). Penelitian Kuantitatif. Bandung : Alfabeta.
Published
2018-12-27