PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN BAURAN PROMOSI TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN HARIAN UMUM PIKIRAN RAKYAT (Studi kasus pelanggan di kota Bandung)

  • Nabila Billeni Faron Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Langlangbuana
  • Enang Narlan SAP Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Langlangbuana
Keywords: Kualitas produk, bauran promosi, loyalitas pelanggan

Abstract

Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan verifikatif dengan jumlah sampel 88 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan menyebarkan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis jalur, koefisien determinasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan besar pengaruh kualitas produk dan bauran promosi terhadap loyalitas pelanggan Harian Umum Pikiran Rakyat Bandung dapat dikatakan cukup baik. Bauran Promosi memberikan pengaruh yang besar pada loyalitas pelanggan dibandingkan dengan kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan.

References

Kotler, P dan Armstrong, G., 14th Ed. P.CM (2012). Marketing Management, One Like Street, Upper Saddle River, New Jersey 07458, Pearson Education, Inc., Publishing as Prentice Hall.
Kotler, P dan Armstrong, G., (2012) Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13, Jilid I. Jakarta: Erlangga
Sugiyono, (2016) Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/ R&D). Cetakan Kedua, Bandung, Alfabeta.
Suhartanto, Dwi. (2014) Metode Riset Pemasaran. Cetakan Pertama, Bandung, Alfabeta CV
Suliyanto, (2005) Analisis data dalam aplikasi pemasaran. Cetakan Pertama, Bogor, Ghalia Indonesia.
Sunyoto, Danang. (2013) Teori, Kuesioner & Analisis Data : Untuk Pemasaran dan Perilaku
Konsumen. Cetakan Pertama, Yogyakarta, Graha Ilmu.
Published
2018-12-27