PENERAPAN METODE PERT DAN CPM DALAM PELAKSANAAN PROYEK PEMBANGUNAN JALAN PAVING UNTUK MENCAPAI EFEKTIVITAS WAKTU PENYELESAIAN PROYEK

  • Eva Dewi Yusdiana Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Langlangbuana
  • Inne Satyawisudariniq Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Langlangbuana
Keywords: PERT, CPM, Efektivitas waktu

Abstract

Penyediaan sarana transportasi jalan yang nyaman seperti jalan paving adalah salah satu bentuk perhatian Pemerintah untuk masyarakat sehingga dapat meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan serta mempercepat pembangunan ekonomi daerah. Dalam penyusunan skripsi ini, penulis melakukan penelitian di Kantor Desa Paras. Metode yang dilakukan dalam penelitian di Kantor Desa Paras adalah metode analisis deskriptif, dimana teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dengan cara penelitian lapangan (pengamatan, wawancara, dan dokumentasi) serta penelitian kepustakaan. Kemudian data yang diperoleh diolah menggunakan metode PERT dan CPM. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa pengerjaan proyek jalan paving di Desa Paras untuk proyek yang sudah selesai dianalisa menggunakan metode CPM dapat berkurang selama 3 hari, yaitu waktu pengerjaan selama 14 hari dapat menjadi 11 hari. Dan proyek yang belum selesai dianalisa menggunakan metode PERT dapat berkurang selama 19 hari, yaitu rencana waktu pengerjaan selama 60 hari dapat menjadi 41 hari. Kedua metode tersebut dapat mempercepat pengerjaan proyek jalan paving. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode PERT dan CPM mampu mencapai efektivitas waktu dalam pengerjaan proyek jalan paving di Desa Paras.

References

Anggara Hayan, 2005.“Perencanaan dan Pengendalian Proyek dengan Metode PERT CPM : Studi Kasus Fly Over Ahmad Yani, Karawang.” (Online). (Oktober 2016)
Aris Fajar Maulani Aziz, 2016.“Penerapan metode PERTdan Metode CPM dalam efektivitas waktu penyelesaian proyek (Studi kasus : rumah dinas kepala balai di BPBIAT Wanayasa Purwakarta)”. Terdapat di perpustakan Universitas Langlangbuana Arta Rusidarma Putra S.T.,M.M. Perbedaan CPM dan PERT. (Online) Tersedia : binabangsa.ac.id/files/Pertemuan%209%20(CPM%20dan%20PERT).pptx. (Online). (Maret 2017)
Celoteh Praja. 2015. Pengaruh pembangunan infrastruktur jalan terhadap kesejahteraan. (Online) tersedia : http://celotehlestarius.blogspot.co.id/2015/07/bab-i-pengaruhpembangunan.html. (Mei 2017)
Clifford F. Gray dan Erik W. Larson. 2007. Manajemen Proyek. Yogyakarta : Andi
Darmadi, Hamid. 2013. Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung : Alfabeta
Eka Dannyanti, 2010.“Optimalisasi Pelaksanaan Proyek dengan Metode PERT dan CPM (Studi Kasus Twin Tower Building Pasca Sarjana Undip).” (Online). (29 Oktober 2016)
Herjanto, Eddy. 2011. Manajemen Operasi. Jakarta : Grasindo
Hamdan Dimyati dan Kadar Nurjaman.2014. Manajemen Proyek. Bandung : Pustaka Setia
Rahardjo Adisasmita. 2011. Pengelolaan Pendapatan dan Anggaran Daerah. Yogyakarta : Graha Ilmu
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta
Wulfram, I. Ervianto. 2011. Manajemen Proyek Konstruksi edisi revisi.Yogyakarta : Andi
Published
2018-12-27