PENGARUH RASIO PERPUTARAN TOTAL ASSET, RASIO PERPUTARAN MODAL KERJA, RASIO AKTIVA LANCAR, DAN RASIO PENGEMBALIAN ATAS INVESTASI TERHADAP RASIO PENGEMBALIAN ATAS HARGA SAHAM (Studi Kasus Pada Saham-saham Perusahaan Perdagangan Eceran Yang Terdaftar Di Burs

  • Asep Saepudin Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Langlangbuana
Keywords: Rasio Perputaran Total Asset, Rasio Perputaran Modal Kerja, Rasio Aktiva Lancar, Rasio Pengembalian Atas Investasi, Rasio Pengembalian Atas Harga Saham

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah ada pengaruh dari Rasio Perputaran Total Asset, Rasio Perputaran Modal Kerja, Rasio Aktiva Lancar, Rasio Pengembalian Atas Investasi terhadap Rasio Pengembalian Atas Harga Saham pada Sektor Perdagangan Ritel di Bursa Efek Indonesia selama periode 2012–2016, baik secara parsial maupun secara simultan. Populasi dalam penelitian ini meliputi seluruh perusahaan perdagangan eceran yang terdaftar per 31 Desember 2016 yang berjumlah 45 perusahaan. Dengan menggunakan metoda purposive sampling dipilih 28 perusahaan eceran yang memenuhi syarat untuk diteliti. Dengan periode waktu 5 tahun dan jumlah perusahaan yang diteliti sebanyak 28 perusahaan, maka diperoleh sampel dalam penelitian ini sebanyak 140 sampel penelitian. Teknik analisis data menggunakan metode verifikatif uji asumsi klasik, dengan pengujian hipotesis Uji T dan Uji F.

Hasil pengujian secara parsial dengan mengggunakan Uji T dalam penelitian ini, tidak ditemukan pengaruh yang positip antara Rasio Perputaran Total Asset dan Rasio Pengembalian Atas Investasi terhadap Rasio Pengembalian Atas Harga Saham, sedangkan Rasio Perputaran Modal Kerja dan Rasio Aktiva Lancar terhadap Rasio Pengembalian Atas Harga Saham ditemukan pergerakan yang searah tetapi tidak cukup siginificant untuk disebut Berpengaruh. Pada pengujian secara simultan, dengan menggunakan Uji F, dalam penelitian ini tidak ditemukan pengaruh yang cukup
signifikan antara Rasio Perputaran Total Asset, Rasio Perputaran Modal Kerja, Rasio Aktiva Lancar dan Rasio Pengembalian atas Investasi terhadap Rasio Pengembalian atas Harga Saham pada saham-saham Perusahaan Perdagangan Eceran yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama Periode 2012-2016.

References

Abdul Halim dan Mahmud M. Hanafi. 2009. Analisi Laporan Keuangan. Edisi 4. Yogyakarta : UPP STIM YKPN.
Agnes Sawir. 2003. Analisis Kinerja Keuangan dan Perencanaan Keuangan Perusahaan. Jakarta : Gramedia Pustaka Umum.
Bambang Riyanto. 2001. Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan. Edisi Keempat Cetakan Ketujuh. Yogyakarta : BPFE.
Brigham, Eugene F. dan Joel F. Houston. 2011. Dasar-dasar Manajemen. Keuangan. Edisi 11, Penerjemah Ali Akbar Yulianto. Jakarta : Salemba Empat.
Harahap, S.S. 2010. Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. Jakarta : Rajagrafindo Persada.
Imam Ghozali. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS 23. Semarang:BP. Universitas Diponegoro.
Jogiyanto Hartono. 2010. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Edisi Ketujuh. Jogyakarta. Penerbit BPFE.
Jumingan. 2006. Analisis Laporan Keuangan. Cetakan Pertama. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.
Kasmir. 2013. Analisis Laporan Keuangan. Edisi 1. Cetakan ke-6. Jakarta, Penerbit Rajawali Pers.
Munawir. 2012. Analisi Laporan Keuangan. Edisi Lima. Yogyakarta : Penerbit Liberty.
Sartono. 2010. Manajemen Keuangan Teori Dan Aplikasi. Yogyakarta : Penerbit BPFE
Susan Irawati. 2006. Manajemen Keuangan. Cetakan Kesatu. Bandung. Penerbit Pustaka.
Sutrisno. 2009. Manajemen Keuangan, Teori Konsep dan Aplikasi, Edisi Pertama Cetakan Ketujuh Yogyakarta : Penerbit Ekonisia.
Uma Sekaran & Roger Bougie. 2010. Research Methods for Business, A Skill Building Approach. Fifth Edition. West Susex United Kingdom, Willey Publication.
Warsono. 2003. Manajemen Keuangan Perusahaan. Cetakan I. Edisi III. Malang : Penerbit Bayumedia Publishing.
Published
2018-08-31