ANALISIS BISNIS MODEL KANVAS PADA KADATUAN KOFFIE BANDUNG
Abstract
Pada era globalisasi ini, persaingan bisnis semakin ketat, termasuk dalam industri koffie. Kadatuan koffie merupakan brand yang dikembangkan oleh PT Trianum Agrotektur. Kadatuan koffie memiliki pabrik sendiri yang mengolah buah kopi hingga menjadi kopi bubuk. Dengan adanya pabrik kopi tersebut sehingga memudahkan pihak Kadatuan Koffie dalam menjalankan bisnisnya, tetapi pihak Kadatuan Koffie masih memiliki kendala dalam mengontrol data bahan baku yang masuk dan barang yang keluar dimana hal tersebut berdampak pada banyaknya barang yang los atau tidak tercatat dalam form barang. Hal ini terjadi karena dalam penerapan BMC (Business Model Canvas) yang dimiliki oleh Kadatuan Koffie belum berjalan secara efektif. Peneilitian ini bertujuan unyuk memetakan proses bisnis Kadatuan Koffie menggunakan sembilan blok bisnis model kanvas rekomendasi yang dapat menyelesaikan masalah yang ada, dan membuat analisis SWOT untuk melihat dimana kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dari bisnis Kadatuan Koffie Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa model bisnis perlu adanya perbaikan
pada blok key partners menambahkan mitra kerja di sisi komoditi PT Indikom, key activities dengan menambahkan menjaga standar kualitas produk, controlling and distribution stock, key resources dengan menambahkan stok bahan baku dan petani kadatuan koffie, customer relationship dengan menambahkan dan memberikan voucher buy 1 get 3, mengikuti event dan word of mouth, channel dengan menambahkan instagram dan facebook, menderek pelanggan melalui kedai kadatuan, customer segment dengan menambahkan semua gender dan revenue streams dengan menambahkan franchise fee.
References
Rangkuti Reddy. (2014). Analisi SWOT Teknik Membedakan Kasus Bisnis. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Indriantono Nur dan Supomo Bambang. (2013). Metode Penelitian Bisnis untuk Akuntansi & Manajemen. Yogyakarta: BPFE.