SOCIAL NETWORK ANALYSIS UNTUK ANALISA INTERAKSI USER DIMEDIA SOSIAL MENGENAI BISNIS E-COMMERCE (STUDI KASUS: LAZADA, TOKOPEDIA DAN ELEVENIA)

  • Made Kevin Bratawisnu Program Studi Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Telkom University
  • Andry Alamsyah Program Studi Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Telkom University
Keywords: User Generated Content, Social Network Analysis, Pemeran Kunci, Properti Jaringan, e-commerce

Abstract

Bisnis e-commerce memerlukan promosi dalam memperkenalkan produk yang dimilikinya. Salah satu media yang dapat digunakan adalah media sosial. Terdapat banyak informasi yang disediakan di media sosial, salah satunya adalah User Generated Content (UGC). UGC adalah jejak rekam user di media sosial yang dapat dilihat oleh user lainnya. Diperlukan analisis media sosial untuk melihat pola interaksi antara perusahaan dengan pelanggannya dari UGC yang banyak tersebar di media sosial. Hal ini dapat dijadikan insight bagi perusahaan dalam membantu pemasaran produk di media sosial. Metode yang digunakan dalam menganalisis pola interaksi dari UGC yang ada di media sosial adalah Social Network Analysis (SNA). Pemodelan jaringan sosial dapat membantu bisnis e-commerce untuk memahami pola interaksi yang terjadi di media sosial.. Hasil temuan dalam penelitian memperlihatkan bahwa jaringan sosial yang lebih unggul adalah jaringan sosial interaksi mengenai Lazada. Penelitian juga memperlihatkan pemeran kunci bagi masing-masing e-commerce.

References

Alalwan, Ali Abdallah., Rana, Nripendra P., Dwivedi, Yogesh K., dan Algharabat, Raed.
(2017). Social Media in Marketing: A Review and Analysis of The Existing Literature. Journal Telematics and Informatics.
Alamsyah, Andry. 2013. The Role of Social Network Analysis for Knowledge Management. Jurnal Manajemen Indonesia, 12(4), 309-314.
Alhajj, Reda. dan Rokne, Jon. 2014. Encyclopedia of Social Network Analysis and Mining. New York: Springer Science+Business Media Publisher.
Gunther, Wendy Arianne., Mehrizi, Mohammad H. Rezazade., Huysman, Marleen., dan
Feldberg, Frans. 2017. Debating Big Data: A Literature Review on Realizing Value from Big Data. Journal of Strategic Information Systems.
Hanneman, Robert A. dan Riddle, Mark. 2005. Introduction to Social Network Methods. Riverside, United States: University of California.
Jackson, Matthew O. 2008. Social and Economic Networks. Princeton, NJ 08540, United States: Princeton University Press
Laudon, Kenneth C. dan Traver, Carol Guercio. 2014. E-commerce. Business. Technology. Society. (10th ed.). One Lake Street, Upper Saddle River, New Jersey: Pearson Education, Inc.
Mbaru, Emmanuel K. dan Barnes, Michele L. 2017. Key players in conservation diffusion:
Using Social Network Analysis to Identify Critical Injection Points. Journal Biological Conservation, 222-232.
Mincer, Marcin. dan Niewiadomska-Szynkiewicz, Ewa. 2012. Application of Social Network Analysis to the Investigation of Interpersonal Connections. Journal of Telecommunications and Information Technology, 2, 83-91.
Moens, Marie-Francine., Li, Juanzi., and Chua, Tat-Seng. 2014. Mining User Generated Content. 6000 Broken Sound Parkway NW, Suite 300, Boca Raton: CRC Press.
O’Reilly. 2012. Big Data Now: 2012 Edition. 1005 Gravenstein Highway North, Sebastopol: O’Reilly Media, Inc.
O’Reilly. 2012. The Twitter Book. 1005 Gravenstein Highway North, Sebastopol: O’Reilly
Media, Inc.
Oktora, Rio. dan Alamsyah, Andry. 2014. Pola Interaksi dan Aktor yang Paling Berperan
Pada Event JGTC 2013 Melalui Media Sosial Twitter (Studi Menggunakan Metode Social Network Analysis). Jurnal Manajemen Indonesia, 14(3), 201-210.
Olmedilla, M., Martínez-Torres, M.R., dan Toral, S.L. 2016. Harvesting Big Data in Social
Science: A Methodological Approach for Collecting Online User-Generated Content. Journal Computer Standards and Interfaces, 46, 79–87.
Rahayu, Rita., dan Day, John. 2015. Determinant Factors of E-commerce Adoption by SMEs in Developing Country: Evidence from Indonesia. Journal Procedia – Social and Behavioral Sciences, 195, 142 – 150.
Rios, Sebastián A., Aguilera, Felipe., Nuñez-Gonzalez, J. David., dan Graña, Manuel. 2017. Semantically Enhanced Network Analysis for Influencer Identification in Online Social Networks. Journal Neurocomputing, 1-11.
Sapountzi, Androniki. dan Psannis, Kostas E. 2016. Social Networking Data Analysis Tools & Challenges. Journal Future Generation Computer Systems.
Sekaran, Uma. dan Bougie, Roger. 2013. Research Methods for Business: A SkillBuilding Approach (6th ed.). The Atrium, Southern Gate, Chichester, West Sussex, PO19 8SQ, United Kingdom: John Wiley & Sons Ltd.
Sujarweni, V. Wiratna. 2015. Metodologi penelitian Bisnis & Ekonomi (1st ed.). Bantul, Yogyakarta: PT Pustaka Baru
Tavakolifard, Mozhgan. dan Almeroth, Kevin C. 2012. Social Computing: An Intersection of Recommender Systems, Trust/Reputation Systems, and Social Networks. IEEE Networks, 53-58.
Yadav, Mayank. dan Rahman, Zillur. 2017. Measuring Consumer Perception of Social
Media Marketing Activities in E-Commerce Industry: Scale Development & Validation. Journal Telematics and Informatics.
Published
2018-08-31