ANALISIS BISNIS MODEL DENGAN PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS TERHADAP USAHA MIKRO KELAS MENENGAH LAUNDRY PAPIN SUKAPURATELKOM UNIVERSITY
Abstract
Di Indonesia laundry termasuk kedalam jenis usaha yang memberikan jasa/pelayanan kepada pelanggannya. Yang mana laundry itu sendiri adalah suatu jasa
cuci kiloan dan setrika yang dilakukan oleh ahlinya sehingga memberikan kualitas yang membuat pelanggan puas dengan apa yang dikerjakan oleh jasa laundry tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk bertujuan untuk mengetahui gambaran model bisnis Laundry Papin jika ditinjau dari Business Model Canvas dan mengetahui model bisnis dalam rangka pengembangan strategi yang sesuai dan disarankan untuk diterapkan pada Laundry Papin. Untuk dapat merumuskan bagaimana bisnis model pada Laundry Papin, maka peneliti harus menggunaka sembila building block Business Model Canvas antara lain Customer Segment, Value Proposition, Channel, Customer Relations, Revenue Stream, Key Resources, Key Activities, Key Partnerships, dan Cost Structure. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif dengan melakukan wawancara dan analisi menggunakan Business Model Canva yang setiap building block juga dianalisis dengan SWOT.
Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran model bisnis Laundry Papin saat ini sudah baik akan tetapi masih ada beberapa kelemahan salah satunya adalah promosi yang dilakukan masih kurang karena selama ini Laundry Papin mempromosikan produknya hanya melalui brosur dan Word Of Mouth sehingga masih ada orang yang belum mengetahui tentang Laundry Papin serta keunggulannya.
References
PPM Manajemen. (2012). Business Model Canvas : Penerapan di Indonesia. (p. 7, p. 11) Jakarta : PPM Manajemen.
Osterwalder, A., & Pigneur, Y. (2012). Business Model Generation: A Handbook for Visionaries, Game Changers, and Challengers. (p. 8, p. 11) Jakarta: Elex Media
Komputindo